Pendidikan

Cara Menguasai Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris ibarat jembatan yang menghubungkan antara bahasa yang satu dengan bahasa lain yang sifatnya minoritas. Oleh karena itulah belajar bahasa Inggris sangat penting, terlebih karena bahasa Inggris juga dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.

Sayangnya, belajar bahasa Inggris di sekolah formal sering kali belum cukup karena kurangnya praktik. Padahal, bahasa adalah kemampuan yang harus diasah melalui praktik agar semakin mahir dan fasih. Berikut ini cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat yang dapat dilakukan di rumah.

  1. Buat flashcard

Dalam belajar bahasa seperti bahasa Inggris, kosakata berada di urutan paling bawah atau paling dasar. Pasalnya, Anda akan membutuhkan kosakata untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Oleh karena itulah salah satu cara untuk menguasai bahasa Inggris adalah dengan memperkaya kosakata.

Untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris alias vocabulary, Anda dapat memanfaatkan kamus maupun membuat flashcard, yaitu sejenis kartu bertuliskan kata-kata tertentu. Flashcard umumnya berbentuk kecil sehingga dapat dibawa ke mana-mana.

Apabila tidak sempat untuk membuat flashcard sendiri, Anda dapat membelinya. Namun, lebih disarankan untuk membuat sendiri karena saat Anda menulis kosakata di flashcard, jari Anda akan membantu otak untuk mengingat kata tersebut.

Dengan bentuknya yang kecil, flashcard ini mudah dibawa ke mana pun dan di mana pun sehingga Anda dapat menggunakannya setiap ada waktu luang. Dengan flashcard, otak Anda akan lebih mudah menghafal kata karena kata-kata tersebut akan terus diulang setiap kali Anda melihat flashcard.

  1. Memberi label pada benda-benda

Selain menggunakan flashcard, Anda juga dapat memberikan label pada benda-benda yang ada di rumah dalam bahasa Inggris. Dengan memberikan label pada benda secara langsung, Anda akan dapat memvisualisasikan benda tersebut dengan lebih mudah bersama dengan kata dalam bahasa Inggris.

Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan kertas label, kertas berperekat, atau sticky notes. Tuliskan kosakata bahasa Inggris berupa nama benda yang bersangkutan, kemudian tempelkan kertas tersebut pada benda-benda yang ada di rumah.

Sama seperti flashcard, memberikan label pada benda menggunakan bahasa Inggris juga dapat membantu Anda memperkaya kosakata, terutama kosakata yang berhubungan dengan benda-benda yang ada di rumah.

  1. Memanfaatkan aplikasi

Selain menggunakan flashcard dan memberikan label pada benda-benda, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi untuk belajar bahasa Inggris. Di era aplikasi seperti sekarang, aplikasi sudah semakin banyak dan mudah ditemukan, termasuk aplikasi untuk belajar bahasa Inggris.

Dengan menggunakan aplikasi bahasa Inggris, Anda dapat belajar berbagai kosakata, tata bahasa, dan berbagai aspek lain yang perlu dipelajari dalam bahasa Inggris. Selain menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris, Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang berupa kamus bahasa Inggris untuk mendukung proses pembelajaran.

Anda bisa menggunakan kamus online terjemahan sehingga tidak perlu lagi menggunakan kamus serta membawa kamus tebal ke mana-mana.

Cara menguasai bahasa Inggris ada banyak sehingga Anda bebas untuk mengeskplor cara atau metode belajar bahasa yang paling tepat untuk Anda. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan mengikuti Kursus Bahasa Inggris Online. Pasalnya, Kursus Bahasa Inggris Online menyediakan tutor yang berpengalaman yang dapat membimbing Anda dalam belajar.

Mengikuti kursus bahasa Inggris juga memungkinkan Anda untuk melakukan konsultasi dengan tutor yang bersangkutan tentang masalah atau hambatan yang dirasakan selama belajar bahasa Inggris.

 

Similar Posts