Technology

Apa Itu Email Marketing dan Bagaimana Menggunakannya

Pemasaran dapat dilakukan dengan bermacam cara menggunakan media digital. Setelah perkembangan zaman yang lumayan pesat metode marketing menjadi semakin luas dan media untuk menempatkan pemasaran dalam dunia digital juga semakin bervariasi. Pada awalnya pemasaran dilakukan dengan mengirimkan surat elektronik dan penawaran dari sebuah perusahaan pada semua pelanggan yang dianggap potensial. Metode pemasaran ini sangat bagus pada masa itu karena mengirimkan surat elektronik sedang menjadi trend. Teknologi email ini juga masih baru tapi pada saat itu sudah cukup banyak orang yang menggunakannya sehingga sistem pemasaran ini dapat berjalan efektif dan bisa menjangkau banyak orang. Pada masa modern dimana perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses email lebih banyak tentu metode pemasaran ini akan menjadi lebih mudah.

Cara Memanfaatkan Email Marketing untuk Pemasaran Efektif

Pada masa kini email sudah menjadi lebih mudah diakses dan dapat digunakan oleh siapa saja. Sejumlah teknologi juga membuat email menjadi lebih ramah digunakan dan terbebas dari pesan yang tidak diinginkan. Sistem pemasaran melalui email yang secara logika justru menjadi lebih baik justru dikatakan para ahli pemasaran sebagai metode yang ketinggalan zaman dan sudah digantikan dengan media yang lebih baik. Metode pemasaran email sebenarnya masih tetap efektif. Setidaknya 40% dari penjualan sebuah perusahaan berasal dari penjualan menggunakan email. Langkah yang cukup efektif ini membutuhkan biaya yang jauh lebih rendah daripada semua metode marketing lainnya dan menjadi tambahan yang luar biasa jika perusahaan sudah menggunakan metode pemasaran yang lain.

Menggunakan pemasaran menggunakan email memiliki kesan lebih professional. Hal ini bisa terjadi karena pada saat menggunakan pemasaran melalui email seseorang akan diminta untuk mengirimkan email dari sumber yang terpercaya dan email juga harus dikirimkan dengan cara yang benar. Hal ini membuat semua orang yang menggunakan email sebagai metode pemasaran akan dianggap sebagai professional karena jika tidak email mereka akan masuk ke dalam spam. Metode pemasaran ini meningkatkan kepercayaan pelanggan secara otomatis dan memperbesar kesetiaan seseorang terhadap brand atau malah perusahaan yang mengeluarkan brand tersebut.

Keunggulan dan Penerapan Pemasaran Menggunakan Email

Pemasaran menggunakan email harus dilakukan dengan alat untuk menjalankan email marketing dengan baik. Alat akan memberikan list email yang bisa digunakan sebagai sasaran pemasaran kemudian pemilik usaha dapat langsung melakukan email blast atau dengan kata lain mengirimkan email ke banyak sasaran sekaligus. Pengelolaan email dapat juga dilakukan oleh pihak ketiga seperti bidang jasa digital marketing agency jakarta yang akan melakukan beberapa hal untuk memastikan pemasaran menggunakan email bisa menjadi lebih lancar. Mereka akan membangun email list dan memeriksa open rate untuk semua email yang dikirimkan untuk mengembangkan list. Cara ini memastikan sasaran pemasaran bisa menjadi lebih jitu sehingga penawaran akan cederung bertemu dengan respon positif.

Konten tetap menjadi hal yang penting dalam pemasaran menggunakan email ini. Konten yang dikirimkan melalui email disebut dengan newsletter. Isi dari konten merupakan penjelasan mengenai produk dan penawaran produk dengan berbagai cara untuk menarik calon pelanggan. Membuat sebuah konten yang menarik bagi sasaran akan membuat pemasaran menggunakan email akan menjadi sesuatu yang benar-benar menguntungkan bagi perusahaan dan semuanya dapat berjalan dengan biaya yang sangat ringan. Email akan menjadi tambahan yang baik untuk sistem pemasaran yang sudah dilakukan dan jika dilakukan dengan benar email akan menjadi senjata terbaik dalam meningkatkan penjualan produk apapun yang ditawarkan.

Similar Posts