Uncategorized

Asal usul tari kecak

Tari kecak adalah tarian khas tradisional bali yang sangat terkenal di seluruh negeri bahkan di mancanegara. Hal ini dikarenakan tari kecak merupakan tarian yang banyak di tunjukan sebagai tarian yang dipentaskan untuk para wisatawan di bali sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Tari kecak juga disebut sebagai tari sanghyang yang mana hanya dilakukan untuk upacara-upacara keagamaan saja. tari kecak biasanya dilakukan oleh sekitar 70 orang pria yang duduk melingkar kemudian melakukan tarian dengan mengeluarkan kata-kata “cak cak cak” sebagai pengiringnya. Dalam tari kecak ini biasanya ada satu penari yang akan kerasukan roh dan bisa berkomunikasi dengan leluhur nya.

Penari yang kerasukan tersebut biasanya dijadikan sebagai media komunikasi antara manusia dengan leluhurnya, tak jarang penari yang kerasukan ini juga akan melakukan hal-hal yang di luar dugaan ketika sedang kerasukan misalnya melakukan hal-hal yang berbahaya bahkan mengeluarkan suara-suara aneh yang tak pernah terdengar sebelumnya dari si penari yang kerasukan tersebut.

Dalam tari kecak ini, banyak hikmah yang di bisa ambil dan bisa di jadikan sebagai pelajaran. Misalnya dengan tari kecak ini maka akan lebih mendekatkan diri kepada tuhan (terutama untuk hindu bali), selain itu tari kecak juga menceritakan kisah rama dan shinta yang penuh lika liku dan pengorbanan untuk bersatu menjalin cinta.

Similar Posts