Umum

Masih Bingung? Intip Cara Melihat Pajak Kendaraan Disini!

Banyak sekali iklan layanan masyarakat yang menganjurkan kita untuk membayar pajak. Pajak merupakan sumber pendapatan pemerintah untuk mengatur masyarakatnya, maka kita harus membayar pajak dengan baik. Jika anda bingung untuk mengecek pajak kendaraan anda, maka simak ulasan berikut mengenai cara melihat pajak kendaraan yang mudah.

Bagaimana Caranya Melihat Pajak Kendaran di STNK?

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pajak yang akan dibebankan kepada pemilik kendaraan bermotor baik motor maupun mobil. Besar pajak kendaraan bermotor tentu berbeda-beda, bergantung pada faktor nilai kendaraan dan faktor bobot potensi kerusakan jalan. Kedua faktor ini akan mempengaruhi besar kecilnya pajak yang harus anda bayarkan.

Pajak kendaraan bermotor ini juga dapat bertambah seiring bertambahnya kendaraan bermotor yang anda miliki. Untuk kendaraan pertama, anda akan dikenakan pajak sebesar 1,5%, kendaraan kedua 2%, kendaraan ketiga 2,5%, kendaraan keempat dan seterusnya sebesar 4%. Semakin banyak kendaraan bermotor anda semakin besar pula pajak anda.

Untuk dapat mengetahui pajak kendaraan secara manual, anda dapat melihat STNK yang sering anda bawa saat berkendara. Surat Tanda Nomor Kendaraan yang satu ini adalah identitas penting yang dapat menunjukkan keaslian kendaraan anda sekaligus mencantumkan pajak kendaraan yang harus dibayarkan, jaga baik-baik STNK kendaraan anda.

Coba lihat STNK anda, carilah surat ketetapan pajak daerah yang tercantum disana, biasanya ditandai dengan berwarna coklat. Anda akan melihat keterangan PKB/BBN-KB dan SWDKLLJ. Lalu cari besaran PKB, BBN-KB di bagian sebelah kanan atas. Anda akan menemukan kotak pertama berisi kode-kode kendaraan. Dengan begitu anda mengetahui identitas kendaraan anda.

Pada bagian belakang STNK, anda dapat melihat pajak progresif kendaraan bermotor anda. Maka anda dapat mulai menghitung berapa tagihan kendaraan anda. Besaran PKB yang tercantum dalam STNK tersebut akan dikalikan dengan angka BBN yang ada, kemudian dikalikan dengan seratus, bergantung pada SWDKLLJ yang dimiliki oleh kendaraan anda.

Melihat Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Bagi anda yang tidak ingin pusing-pusing menghitung pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan, maka anda dapat melakukan cara melihat pajak kendaraan bermotor yang lebih mudah secara online. Cara ini merupakan upaya pemerintah untuk menekan masyarakat agar patuh membayar pajak tepat waktu. Sangat cocok dengan kalangan muda saat ini.

Untuk mengetahui pajak kendaraan bermotor anda, anda harus menggunakan perangkat komputer, laptop atau smartphone. Lalu buka browser pada perangkat anda dan buka halaman website resmi samsat daerah anda. Website resmi pemerintah pasti berakhiran go. (government) pada ujung halaman website, pastikan situs tersebut adalah resmi dan legal.

Kemudian anda akan diminta untuk memenuhi beberapa identitas terkait diri anda dan kendaraan bermotor anda, seperti jenis kendaraan dan nomor plat kendaraan. Silahkan lengkapi identitas yang diminta, kemudian anda akan melihat tampilan yang mencantumkan tagihan pajak anda. Anda juga dapat cek pajak mobil dengan website pemerintah tersebut.

Cara lainnya adalah melalui aplikasi pada smartphone. Silahkan install aplikasi samsat provinsi anda pada Google Play Store atau App Store pada smartphone anda. Kemudian anda bisa mengisi identitas yang diminta, maka anda dapat mengetahui jumlah tagihan kendaraan anda. Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi agar tidak lupa membayar pajak kendaraan.

Demikian beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk melihat pajak kendaraan bermotor milik anda. Karena sekarang anda sudah mengetahui caranya, silahkan cek pajak kendaraan bermotor anda. Jika sudah jatuh tempo, jangan menunda untuk membayar pajak tersebut untuk memenuhi kewajiban anda. Segera bayar pajak untuk menjadi warga Negara yang baik.

Similar Posts