Makanan

Mudah Dipraktikkan, Berikut Cara Menanam Sawi Yang Tepat

Sawi menjadi sayuran yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Pasalnya sawi terdiri dari beberapa varietas, mulai dari purple, kai chooi, osaka, red giant dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin membudidayakannya di rumah, alangkah baiknya mengikuti cara menanam sawi yang tepat. Daripada penasaran, yuk simak informasi selengkapnya, seperti berikut ini!

Cara Membudidayakan Sawi Dengan Tepat

  1. Memilih Media yang Sesuai

Bagi Anda yang ingin menanam sawi di rumah, maka bisa memilih beberapa media tanam. Jika memilih tanah sebagai medianya, alangkah lebih baik menggunakan pot atau polybag. Anda bisa memilih ukuran pot sesuai dengan ruang yang dimiliki. Sebagai saran, pot berbentuk persegi panjang bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih luas dan kokoh.

Setelah itu, Anda juga perlu membuat drainase di pot yang akan digunakan. Caranya sangat mudah, Anda hanya menambahkan kertas filter kopi untuk meningkatkan drainase. Hal ini juga berguna supaya media tanam tanah tidak tumpah. Sebab, lapisan filter ini akan menjadi penghalang antara tanamanĀ  dengan air sisa yang keluar dari media tanam tersebut.

Sebenarnya, sawi bisa tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah, tetapi yang paling dianggap ideal harus memiliki pH yang sesuai. Biasanya untuk ukuran pH yang tepat tidak kurang dari 6,0 dan juga drainase yang baik. Agar tumbuh dengan optimal, maka Anda juga harus menyiapkan pupuk, seperti produk nasa sebagai nutrisi tanah.

  1. Menyemaikan Bibit Sawi

Langkah berikutnya yaitu menyebarkan bibit secara merata di media tanam. Usahakan jangan mengubur bibit terlalu dalam untuk memulai persemaian benih agar dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, jangan sampai tanah yang Anda gunakan tersebut kering. Jadi, Anda perlu menyemprotkan air ke tanah agar sedikit lembap

Lakukan cara ini sampai dengan bibit mulai tumbuh tunas. Waktu yang diperlukan biasanya sekitar 4 hingga 5 hari agar bisa berkecambah. Untuk itu, siram tanaman sekali sehari supaya kelembapan tanah tetap terjaga. Selain itu, Anda juga perlu meletakkannya di tempat yang cerah. Sebab, sawi akan tumbuh subur karena sinar matahari yang cukup.

  1. Merawat Tanaman Sawi

Sawi yang tumbuh subur ditandai dengan berdaun lebat dan hijau. Agar sawi bisa tumbuh dengan baik maka sebaiknya untuk memperhatikan keadaan sawi secara teratur dengan menyiram dan memupuknya. Pada keadaan tertentu, ada beberapa hama dan penyakit yang dapat menyerang tumbuhan ini. Jadi, usahakan untuk merawatnya dengan baik.

  1. Panen Sawi yang Bisa Dilakukan

Sawi yang ditanam dengan media tanah biasanya akan tumbuh dengan baik dan lebih cepat. Apalagi jika Anda merawat sawi dengan tepat dengan menyiramnya secara teratur dan memberikan pupuk. Dipastikan Anda bisa memanen sayuran ini lebih cepat. Kebanyakan, sawi bisa dipanen dalam waktu 40 hari setelah masa tanam

Selain cara menanam sawi yang baik dan benar, perawatan yang dilakukan secara tepat juga mempengaruhi masa panen sayuran ini. Sehingga hasil sawi bisa lebih lebat dan tidak terkena dengan hama ataupun penyakit. Jika ingin memanennya, usahakan untuk menggunakan gunting agar tidak merusak tanaman.

Itulah beberapa tips untuk membudidayakan sawi dengan baik dan benar. Agar tumbuh secara optimal, penting bagi Anda memilih media tanam yang tepat. Setelah itu, merawat sayuran ini juga perlu diperhatikan dengan cara menyiram secara teratur, memberi nutrisi pada tanah, dan menjaganya di tempat yang cerah. Dengan begitu, sawi siap dipanen setelah 40 hari.