Uncategorized

Haid Setelah Kuret Tidak Teratur? ketahui Faktor Penyebabnya

Sebagian wanita mungkin mengalami siklus haid setelah kuret yang tidak teratur. Siklus normal haid berkisar antara 21 – 35 hari, apabila terlalu panjang dan pendek maka dapat dikatakan siklus tidak normal. Salah satunya juga dialami oleh wanita yang mengalami kuret setelah keguguran. Bahkan ada yang tidak haid berbulan bulan. Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Kuret

  1. Faktor Psikologis

Salah satu penyebab siklus haid menjadi tidak normal adalah faktor psikologis atau stress yang dialami oleh ibu yang baru saja keguguran. Wajar apabila ibu merasa tekanan stress ketika mengalami keguguran buah hatinya. Hal ini akan berdampak pada kondisi tubuh wanita tersebut dan menyebabkan siklus menstruasi yang ia alami menjadi tidak teratur.

  1. Perubahan Hormon

Saat mengalami keguguran, janin yang telah berhenti pertumbuhan dan perkembangannya menyebabkan hormon menjadi tidak stabil. Biasanya hormon akan masih tinggi setelah keguguran. Hormon yang tidak stabil ini berdampak pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Siklus menstruasi dikendalikan sepenuhnya oleh hormone, oleh sebab itu hormon tidak stabil berpengaruh pada menstruasi.

Itulah beberapa penyebab haid tidak lancar setelah kuret. Bagi seorang wanita yang mengalami keguguran pasti akan merasakan tekanan stress yang meningkat. Sebab itu, beri beberapa dukungan dengan terus berkonsultasi kepada dokter agar kondisi kandungan bisa kembali normal dan ada kemungkinan hamil kembali. Sehingga dapat menata siklus menstruasinya.

Similar Posts