Uncategorized

3 Perbedaan Mendasar Alat Musik Piano Dan Keyboard Yang Jarang Diketahui

 

Bila dilihat sekilas, piano dan keyboard memiliki bentuk yang serupa. Namun tahukah anda bahwa ternyata kedua alat musik tersebut memiliki perbedaan yang signifikan? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut.

Perbedaan Piano Dan Keyboard

1.Perbedaan Tombol

Perbedaan mendasar dari piano dan keyboard dapat dilihat dari segi tombol. Dimana tombol ini memiliki warna serta bentuk yang sangat mirip sehingga membuat beberapa orang kesusahan untuk membedakan antara piano dan keyboard.

Pada alat musik keyboard, terdapat kisaran 61 hingga 76 tombol yang digunakan untuk memainkan alat musik ini. Sedangkan pada alat musik piano terdapat kisaran 88 tombol yang tersedia untuk dapat dimainkan hingga menghasilkan nada yang indah.

  1. Perbedaan Instrumen

Piano kerap kali dianggap sebagai salah satu instrumen senar. Hal ini disebabkan karena pada piano terdapat palu yang menyentuh pada senar. Yang mana palu dan senar tersebut berada di dalam komponen alat musik klasik ini.

Senar yang tersedia pada piano diketahui berjumlah kisaran 200 senar. Maka tidak heran jika piano mampu menghadirkan berbagai macam suara serta nada yang berbeda beda pada setiap tombolnya.

Sedangkan pada keyboard, dikarenakan alat musik ini adalah salah satu alat musik modern, maka keyboard ada mampu untuk menghasilkan alunan musik secara digital. Oleh karena itu, ketika hendak memainkan keyboard, diperlukan listrik agar permainan bisa berjalan.

Dari penjelasan diatas anda tentu bisa membedakan piano dan juga keyboard yang memiliki fungsi sama sebagai pengiring musik namun ternyata memiliki perbedaan yang terinci. Apakah anda tertarik untuk memainkannya?

Similar Posts