Uncategorized

Cara Mencuci Masker yang Benar

Pada era pandemi seperti ini, penggunaan masker menjadi kebutuhan sehari-hari. Penggunaan masker kain dapat digunakan berkali-kali. Kamu hanya perlu mencucinya untuk bisa digunakan kembali. Dalam mencuci masker ada tata caranya agar terhindar dari virus dan bakteri.

Cara mencuci masker yang benar

Secara umum, mencuci masker sama dengan mencuci pakaian, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah tata cara mencuci masker sesuai dengan yang disebutkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Masker direndam dengan air panas

Sebelum masker dicuci, masker perlu direndam pada air dengan suhu sekitar 50-60oC. Perendaman dengan air panas berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel pada kain. Pada proses perendaman ditambahkan dengan deterjen untuk menghilangkan noda.

2. Masker dibilas dengan air mengalir

Apabila masker telah direndam dan dikucek, masker lalu dibilas di bawah air mengalir. Harus dipastikan bahwa tidak ada sisa busa yang menempel pada masker.

3. Masker dijemur di bawah sinar matahari

Setelah selesai proses mencuci, masker sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari langsung. Panas matahari mampu membunuh sisa mikroorganisme yang masih menempel pada maker. Hindari untuk menjemur masker di dalam ruangan karena akan membuat masker menjadi lembab.

4. Masker disetrika sebelum dipakai

Masker yang sudah dijemur tidak bisa langsung dipakai. Masker perlu disetrika terlebih dahulu agar tidak lecek dan juga untuk membunuh  bakteri dan virus yang menempel pada permukaan kain.

Itulah tata cara mencuci masker yang benar sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Similar Posts