Apa Itu Webinar

Teknologi internet yang berkembang pesat memungkinkan manusia untuk melakukan banyak hal yang sebelumnya hanya dapat dilakukan dalam jarak yang dekat. Dengan teknologi, berkomunikasi kini dapat dilakukan meski dalam jarak yang berjauhan. Contoh dari pemanfaatan teknologi adalah webinar.

Pengertian apa itu webinar adalah web seminar. Dengan kata lain, seminar yang dilakukan denganĀ  mengandalkan situs web. Webinar umumnya dilakukan melalui aplikasi yang berbasis internet maupun melalui situs web. Dengan cara ini, seminar yang semula hanya dapat dilakukan secara tatap muka di tempat yang sama, kini dapat dilakukan dalam jarak jauh.

Webinar berbeda dari web broadcast dan web conference. Jika dilihat berdasarkan jumlah penonton, web broadcast atau siaran web tidak termasuk webinar karena sifatnya yang mampu dihadiri oleh banyak orang hingga ribuan atau lebih orang, sementara webinar biasanya hanya dapat dihadiri oleh puluhan hingga ratusan orang.

Perbedaan web conference atau video conference dengan webinar dapat dilihat dari arah komunikasi. Jika pada webinar komunikasi yang terjadi biasanya hanya satu arah, maka pada web conference yang juga disebut telekonferensi komunikasi dapat terjadi dari dua arah sehingga dapat terjadi diskusi antara pembicara dengan pendengar.

Keuntungan Webinar

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari webinar. Baik peserta maupun penyelenggara atau marketer dapat memperoleh manfaat dari kegiatan ini. Manfaat webinar bagi peserta adalah dapat memperoleh ilmu serta informasi yang dibutuhkan tanpa perlu bersusah payah datang ke lokasi seminar.

Selain memberikan manfaat kepada peserta, webinar juga memberikan banyak manfaat untuk penyelenggara atau marketer, yaitu untuk mengumpulkan leads, membantu pengumpulan feedback, sebagai media promosi produk, serta untuk menunjukkan keunggulan bisnis maupun keahlian brand.

  1. Tempat Mengumpulkan Leads

Bagi penyelenggara, webinar merupakan tempat untuk mengumpulkan leads, yaitu orang-orang yang tertarik dengan penawaran yang diberikan. Peserta atau penonton webinar tersebut tentunya ingin mengetahui informasi yang ditawarkan oleh penyelenggara webinar. Oleh karena itulah disarankan untuk memilih topik yang sesuai.

  1. Membantu Pengumpulan Feedback

Bagi penyelenggara webinar atau marketer, webinar adalah tempat yang pas untuk mengumpulkan feedback. Hal ini memungkinkan karena Anda dapat memberikan kuesioner melalui webinar untuk mencari tahu hasil dari promo atau campaign yang telah dilakukan. Anda juga dapat menggunakan media tersebut untuk mencari inovasi baru.

  1. Media Promosi Produk

Penyelenggara webinar adalah penyedia materi. Artinya, jika Anda merupakan penyelenggara webinar, Anda dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk memberikan informasi tentang campaign terbaru maupun peluncuran produk yang akan dilakukan. Meski begitu, kualitas materi yang akan disampaikan tetap harus diutamakan.

Hal ini penting karena webinar yang berkualitas harus dapat memberikan manfaat kepada banyak orang. Apabila materi yang diberikan berkualitas, peserta pun akan merasa puas.

  1. Menunjukkan Keunggulan Bisnis

Selain dapat menjadikan webinar sebagai tempat untuk mempromosikan produk, penyelenggara webinar juga dapat menyelipkan iklan di tengah seminar untuk menunjukkan keunggulan bisnis. Namun, pastikan bahwa Anda memberikan materi terlebih dahulu agar peserta yakin, kemudian mempromosikan produk Anda secara halus.

Selain informasi tentang apa itu webinar, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang jenis-jenis webinar serta informasi lainnya secara lengkap di situs Ngetik.id. Website atau situs Ngetik.id membagikan banyak informasi yang berkaitan dengan teknologi, terutama informasi yang berhubungan erat dengan internet termasuk tips dan trik website dan blog.

Similar Posts