Uncategorized

Cara Merawat Motor Matic

Pengguna motor di Indonesia kini didominasi oleh pengguna motor matic. Hal ini karena motor matic sangat mudah dikendarai oleh semua kalangan, baik laki-laki, perempuan, tidak peduli tua maupun muda. Meski demikian, motor matic memang butuh perawatan khusus agar kenyamananya semakin terasa. Terlebih, kini banyak motor matic yang menggunakan teknologi injeksi.

Agar tetap dalam performa yang baik, cara merawat motor matic bisa dilakukan dengan menghindari sampai kehabisan bensin. Sebab, hal ini akan membahayakan kondisi mesin motor matic, khususnya motor matic dengan mesin injeksi. Jadi, sebaiknya isi bensin sebelum benar-benar kehabisan dan selalu periksa banyaknya bensin sebelum berkendara.

Selain itu, sebaiknya panasi motor terlebih dahulu sebelum berkendara menggunakan motor matic agar oli dapat tercampur sempurna pada mesin. Panasi motor sekitar 5 hingga 10 menit sebelum dibawa berjalan. Pada saat berkendara, baiknya jaga kecepatan motor tetap stabil. Sebab, jika kecepatan motor sedang tinggi dan secara tiba-tiba gas diturunkan mendadak, maka umur mesin akan pendek.

Cara lainnya, bisa dengan mengganti oli secara rutin, paling tidak setiap dua bulan sekali atau tergantung pemakaian. Bukan hanya oli, baiknya shockbreaker juga diganti secara berkala. Penting juga untuk servis motor keseluruhan di bengkel resmi untuk menjaga suku cadang tetap dalam performa yang baik dan original agar lebih awet.

 

Similar Posts