Technology

Cara Merekam Suara Di Laptop Untuk Hasil Terbaik

Anda dapat merekam suara di laptop untuk berbagai tujuan. Misalnya, Anda sedang membuat video tutorial lalu membutuhkan suara. Secara umum, aplikasi yang dipakai juga memiliki fitur input audio dari midi dan mikrofon. Contoh lain adalah Anda memang sedang mengerjakan proyek sehingga membutuhkan suara. Di windows 10, voice recorder sudah tersedia. Untuk mengetahui apa saja cara merekam suara di laptop, simak daftar berikut ini.

1. Voice recorder di windows 10

Bagi pengguna laptop windows 10, voice recorder merupakan fitur bawaan dari sistem operasi tersebut. Buka menu search lalu ketik aplikasi tersebut. Selanjutnya, tampilan aplikasi muncul lalu klik rec. Anda juga dapat melakukan beberapa setting langsung. Setelah selesai, tekan stop dan cek file audio.

2. Sound record di windows 8

Di windows 8, rekam suara menggunakan sound recorder. Fiturnya mirip dengan aplikasi sebelumnya tetapi beberapa setting masih terbatas. Anda membutuhkan mikrofon untuk keperluan recording tersebut.

3. Aplikasi audio editor

Saat ini, banyak aplikasi gratis dan berbayar untuk mengolah suara. Audio editor memiliki fitur rekam suara secara langsung. Contoh yang sering digunakan adalah audacity. Keunggulan dari cara ini adalah hasilnya dapat langsung dilakukan edit. Jika belum sesuai, user melakukan recording selanjutnya.

4. Video editor

Video editor juga memiliki fitur merekam suara. Ada dua tipe yaitu dari mikrofon atau suara yang sengaja telah jadi. Setelah proses recording selesai, file audio segera tersimpan di aplikasi. Anda perlu melakukan export sehingga konten suara terpisah menjadi file tersendiri yang bebas di play kapan saja.

5. Aplikasi musik

Aplikasi musik seperti ableton live dan fruity loops berfokus ke rekaman suara. Fiturnya lebih lengkap bahkan hingga level profesional. Anda akan melihat berbagai setting yang dapat meningkatkan kualitas audio.

6. Perangkat midi

Rekaman ke laptop dapat berasal dari midi yaitu alat khusus untuk memasukkan suara musik. Saat membuat musik, Anda butuh suara dan nada tertentu. Alat midi seperti ini dapat berbentuk keyboard, gitar, dan lainnya.

7. Perekam layar di pc

Opsi terakhir adalah menggunakan aplikasi perekam layar pc. Anda dapat memilih bandicam atau camtasia yang mudah serta praktis saat melakukan screen recording. Selama proses tersebut, user mengaktifkan audio lalu segera mengisi suara dari mikrofon.

Selain opsi diatas, Anda juga beberapa aplikasi lain yang terkait musik tetapi dipakai level amatir. Contohnya adalah aplikasi karaoke yang terhubung ke mikrofon. Anda menyanyi lagu dan suara terekam di perangkap laptop. Setelah disimpan, file audio telah tersedia dan siap untuk digunakan untuk keperluan lain.

Anda bebas memakai cara apapun selama prosesnya benar. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas mikrofon. Inilah yang menentukan apakah audio menjadi jernih atau justru banyak noise mengganggu. Jika memang untuk keperluan profesional, gunakan mikrofon dan alat lain yang berkualitas. Alokasikan budget untuk keperluan investasi di bidang ini. Anda tidak akan menyesal saat memakai mikrofon mahal berkualitas terbaik. Suara yang dipakai sangat jernih bahkan tidak ada noise apapun.

Selanjutnya, rekam suara di laptop memiliki satu kekurangan yaitu perangkat jarang yang menggunakan sound card. Secara umum, Anda hanya menerima file audio yang mentah dengan kualitas biasa. Meskipun telah menggunakan software professional, laptop tanpa sound card tidak akan memberikan level kualitas tertinggi. Jadi, pilihan ada di tangan user untuk menentukan hasil apa yang diinginkan.

Similar Posts