Technology

Mengintip Aplikasi Yang Harus Ada Di Laptop Windows 8

 

Bagi Anda yang pernah melakukan instal ulang pada laptop, bisa saja software atau aplikasi yang sudah terpasang hilang. Sehingga, Anda perlu menginstal kembali aplikasi yang dibutuhkan sesuai kebutuhan. Agar perangkat lunak yang Anda butuhkan lengkap, ada baiknya mengikuti panduan ini. Berikut aplikasi yang harus ada di laptop Windows 8!

Perangkat Lunak atau Aplikasi yang Wajib Dipasang pada Windows 8

  1. Software Browser

Software Browser merupakan salah satu perangkat lunak yang wajib ada di laptop OS 8. Perangkat lunak peramban web ini akan sangat berguna untuk berselancar di internet untuk banyak kebutuhan, baik itu bisnis, pekerjaan, maupun tugas. Anda bisa memilih peramban yang tersedia secara gratis seperti Google Chrome dan Firefox.

  1. Downloader

Setelah menginstal peramban web pada laptop OS Windows 8, Anda akan membutuhkan yang namanya aplikasi pengunduhan. Aplikasi yang satu ini bermanfaat untuk mengunduh lagu, materu, video, file, dan lain sebagainya di Internet. Salah satu aplikasi yang cukup populer dan banyak digunakan bagi banyak orang yaitu Download Manager.

Aplikasi yang satu ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mendownload data data di internet dan meneruskannya kembali dengan mudah. Perangkat Download Manager memiliki kemampuan yang cukup mumpuni jika dibandingkan dengan piranti sejenis. Pasalnya, ada banyak fitur yang dimiliki dalam membagi data yang sedang diunduh menjadi beberapa bagian.

  1. Multimedia

Menggunakan perangkat laptop tak hanya melulu untuk bisnis, pekerjaan, atau kebutuhan pendidikan. Anda juga harus menginstal aplikasi media hiburan atau multimedia. Untuk memutar lagu, video maupun film kesayangan Anda, maka bisa mengunduh beberapa perangkat lunak. Di antaranya GOM Player, KM Player, Winamp, dan Power Amp.

Selain itu, Anda juga membutuhkan graphic atau image viewer untuk melihat gambar dengan terorganisir. Mengingat Windows 8 cukup mumpuni dalam sistem operasi, maka ada banyak software yang bisa Anda unduh. Bahkan perangkat lunak tersebut mampu mendukung berbagai format image, seperti jpg, png, gif, ico, bmp, dan lain sebagainya.

  1. Anti Virus dan Program Maintenance

Selain perangkat lunak yang digunakan untuk menunjang pekerjaan, Anda juga memerlukan Antivirus. Software ini sangat penting agar Anda laptop Anda terlindungi terhadap virus, sehingga lebih aman. Bagi Anda yang mencari merek antivirus terbaik, sebenarnya semua tersedia dengan performa yang bagus asalkan diperbarui secara rutin. Misalnya saja Avast, Smadav, Avira, dan lain lain.

Tak berhenti sampai di situ saja, Anda juga perlu merawat sistem komputer secara berkala agar performanya tetap baik. Untuk itu, Anda membutuhkan software maintenance agar dapat menghapus file yang tidak perlu dan membuat laptop tidak lemot. Aplikasi yang dapat diunduh meliputi Auslogics Disk Defrag, Cleaner, dan lain sebagainya.

  1. VPN

Ada beberapa situs atau laman web yang berguna pada situs internet, namun diblokir oleh pemerintah atau internet positif. Maka dari itu, Anda memerlukan sebuah perangkat lunak bernama VPN untuk dapat membuka situs web yang Anda inginkan. Menariknya, penggunaan VPN juga bisa melindungi identitas Anda karena telah disamarkan.

  1. Software Grafis

Bagi Anda yang bekerja dalam bidang grafis, ada baiknya jika memasang aplikasi grafis. Perangkat lunak yang satu ini bermanfaat untuk memodifikasi, mendesain, dan menghasilkan gambar agar tampak profesional. Aplikasi yang harus ada di laptop Windows 8 untuk grafis yaitu Adobe Photoshop, Photoscape, dan Corel Draw.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui mengenai berbagai macam aplikasi yang wajib terpasang pada sistem OS Windows 8. Perangkat lunak tersebut akan bermanfaat untuk menunjang pekerjaan, bisnis, sekaligus studi yang Anda lakukan. Sumber artikelnya menyebutkan jika Anda dapat menginstal aplikasi tersebut sesuai kebutuhan.

 

Similar Posts