Fauna

Cara Ternak Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Apapun cara ternak burung puyuh yang Anda pilih, goal-nya sudah pasti ingin agar burung puyuh yang Anda budidaya cepat bertelur. Tahukah Anda jika sebenarnya ada teriknya tersendiri agar burung puyuh cepat bertelur.

Ternyata jenis pakan yang diberikan memiliki pengaruh sangat besar terhadap produktivitas burung puyuh. Meskipun tidak bisa di pungkiri juga jika indukannya pun juga berpengaruh cukup besar.

Namun percuma saja jika indukan tergolong unggulan namun tidak ditunjang dengan jenis pakan yang tepat. Bukan tidak mungkin produktivitasnya menjadi menurun. Tentunya sebagai peternak burung puyuh Anda tidak akan suka dengan hal seperti ini.

Memilih Indukan Burung Puyuh Unggulan

Peternak paling tidak memiliki dua pilihan untuk mendapatkan indukan burung puyuh. Pertama adalah indukan yang berasal dari DOQ. Dan yang kedua adalah indukan dari puyuh dara yang sudah siap bertelur.

1. Indukan Burung Puyuh dari DOQ

DOQ digunakan untuk menyebut anak puyuh yang masih berumur sehari. Ternyata Anda sudah bisa memilih calon indukan burung puyuh yang masih bayi ini. Dalam hal ini ada beberapa kriteria khusus yang bisa dijadikan sebagai patokan. Diantaranya seperti:

  • Memiliki bobot minimal delapan gram
  • Anak puyuh dari indukan yang memiliki kemampuan reproduksi bagus. Minimal indukan tersebut mampu menghasilkan telur sebanyak 250 butir per tahunnya. Tidak hanya itu saja, bobot telur minimal 10 gram per butir. Kemudian fertilasi serta daya tetesnya minimal sebesar 70%.
  • Kondisi fisik calon indukan pun juga harus diperhatikan. Pilihlah calon indukan yang memiliki kondisi fisik sehat, aktif, lincah, dan tidak ada cacat. Selain itu yang memiliki warna bulu seragam, bulunya mengembang, dan kering. Kemudian jika dilihat duburnya bersih dan kering.

2. Indukan Burung Puyuh dari Puyuh Dara

Sementara itu jika indukan burung puyuh Anda ambilkan dari puyuh dara yang sudah siap bertelur, maka carilah burung puyuh dengan karakteristik seperti ini:

  • Puyuh dara tersebut sudah berumur antara 3 hingga 6 minggu.
  • Puyuh dara berasal dari indukan yang memiliki kemampuan reproduksi bagus. Minimal indukan tersebut mampu menghasilkan telur sebanyak 250 butir per tahunnya. Tidak hanya itu saja, bobot telur minimal 10 gram per butir. Kemudian fertilasi serta daya tetesnya minimal sebesar 70%.
  • Pilih juga puyuh dara dengan kondisi fisik yang prima. Kriterianya adalah sehat, aktif, lincah, tidak ada cacat, dan warna bulunya seragam.

Jenis Pakan Burung Puyuh agar Cepat Bertelur

Kini Anda sudah menemukan indukan burung puyuh dengan kualitas unggulan. Namun harus diingat jika itu saja belumlah cukup. Agar memiliki produktivitas tinggi, harus juga ditunjang dengan jenis pakan yang tepat. Misalnya saja seperti:

1. Dedak Padi atau Bekatul

Alasannya pada bekatul ini terkandung protein dan juga sumber energi yang sangat melimpah. Selain itu serta yang terkandung di dalamnya mampu membuat pencernaan burung puyuh menjadi lebih sehat.

2. Sorgum

Selain bekatul, agar burung puyuh yang Anda ternakkan memiliki produktivitas tinggi, sorgum juga bisa dipilih. Dikatakan jika kandungan protein pada sorgum ini lebih besar dibanding jagung.

3. Biji Jagung

Biji jagung dikenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi. Selain itu biji jagung di klaim bisa menjadi sumber energi terbaik untuk burung puyuh.

4. Tepung Tulang

Kandungan kalsium dan phosphor pada tepung tulang ini di klaim mampu meningkatkan produktivitas telur burung puyuh. Selain itu juga bisa membuat puyuh cepat bertelur. Kemudian telur puyuh pun menjadi lebih kuat.

Selain keempat contoh di atas, sebenarnya ada beberapa jenis pakan burung puyuh yang di klaim bisa mempercepat dan meningkatkan produktivitasnya. Contohnya seperti dedak gandum, ketela atau singkong, pelet pakan puyuh, dan makanan khusus burung puyuh.

Bagaimana sudah mantap beternak burung puyuh. Atau justru Anda tengah mempertimbangkan ide bisnis ternak hewan jenis lain. Untuk Anda yang tengah mencari ide atau inspirasi usaha ternak, https://zonaternak.com/ bisa dijadikan sebagai sumber referensinya.

Similar Posts