Uncategorized

Mengulas Fakta Ibu Menyusui Minum Kopi

Banyak perdebatan di tengah masyarakat mengenai ibu menyusui yang minum kopi. Sebagian masyarakat menyebutkan bahwa ibu yang tengah menyusui dilarang untuk minum kopi dan ada pula yang menyebutkan bahwa minum kopi ketika menyusui merupakan hal yang diperbolehkan. Karena perdebatan inilah, beberapa peneliti melakukan penelitian mengenai kebiasaan minum kopi pada ibu hamil. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa ibu menyusui boleh untuk mengkonsumsi kopi selama jumlahnya tidak berlebihan.

Meskipun mengkonsumsi kopi masih diperbolehkan, ibu yang sedang menyusui harus memahami dengan baik akan keamanan dan dampak mengkonsumsi kopi ketika sedang berada pada fase menyusui. Kafein yang terkandung di dalam kopi akan mengalir di dalam darah. Kafein sebagian kecil akan masuk pada ASI sehingga bayi juga akan mengkonsumsi kafein ketika sedang menyusu. Karena tubuh masih rentan, bayi tidak dapat menyingkirkan kafein yang mereka asup dengan baik. Bayi membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkan kafein pada tubuhnya.

Jumlah kafein yang aman untuk dikonsumsi ibu menyusui tidak boleh melebihi dari 200 mg untuk setiap harinya. Kopi bukan satu-satunya jenis minuman yang mengandung kafein. Kafein juga dapat ditemukanpada coklat, teh dan minuman bersoda. Ibu hamil harus benar-benar memperhatikan jumlah kafein yang diminumnya agar tidak memberikan efek buruk bagi bayi yang sedang ia susui. Jika perlu, ibu menyusui tidak perlu mengkonsumsi kopi jika ingin memiliki bayi dengan tubuh yang sehat.

 

Similar Posts