Rumah

Tips Menata Dapur Minimalis

Sepertinya hampir sebagian pemilik rumah setuju, bahwa dapur merupakan ruang tersibuk di rumah, karena berfungsi sebagai “jantung” bagi sebuah hunian. Setidaknya, minimal 3 kali masing-masing anggota rumah akan beraktivitas di dapur, entah itu untuk memasak, mencuci piring, mencuci makanan, menghangatkan makanan, membuat minuman, atau sekadar mengambil kudapan.

Hal tersebut seringkali membuat barang yang ada di dapur berantakan. Apalagi, jika dapur di rumah Anda berukuran minimalis. Dapur yang berantakan akan memberikan kesan sempit yang lebih kentara. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk selalu merapikan dapur, Anda bisa mengatasi hal ini dengan penataan yang tepat. Berikut ini kami berikan tips menata dapur minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Buatlah banyak tempat penyimpanan

Anda bisa memaksimalkan ruang penyimpanan di dapur dengan membuat tempat penyimpanan yang banyak. Letakkan perabot dapur, seperti panci, gelas, piring, sendok, dan sebagainya di laci-laci tersebut. Sehingga, tidak nampak barang-barang berserakan di atas meja dapur. Anda bisa membuat kabinet custom sesuai dengan kebutuhan. Gunakan jasa interior jogja agar hasil lebih memuaskan.

Simpan perabot dapur berdasarkan kategori barang

Rak penyimpanan yang Anda buat tidak akan pernah cukup untuk perabotan dapur jika tidak disimpan dengan rapi. Agar rapi dan memudahkan pencarian barang, Anda bisa menyimpannya berdasarkan kategori. Satukanlah piring yang sesuai fungsi, satukan sendok, satukan garpu, dan sebagainya. Anda bisa melengkapinya dengan label pada masing-masing laci agar semakin memudahkan pencarian.

Letakkan bumbu-bumbu di tempat penyimpanan tertutup

Bumbu-bumbu bahan masakan bisa membuat dapur minimalis terlihat berantakan, lho. Cara untuk meminimalisasi hal ini adalah dengan menyimpan bumbu di tempat penyimpanan tertutup. Misalnya, fungsikan laci di dekat kompor untuk penyimpanan bumbu atau buatlah laci sisipan khusus untuk mengelompokan jenis bumbu-bumbuan agar memudahkan pencarian sekaligus menjaga kerapian.

Gunakan wadah penyimpanan bahan makanan dengan bentuk seragam

Tips lainnya yang bisa diaplikasikan di dapur minimalis Anda adalah penggunaan wadah yang seragam. Untuk menyimpan bahan-bahan makanan, seperti pasta, kacang-kacangan, sereal, tepung, dan lain sebagainya, gunakanlah wadah dengan jenis yang sama atau setidaknya bentuk yang sama. Cara ini bisa membuat dapur minimalis Anda terlihat lebih lega, bersih, rapi, dan enak dipandang.

Maksimalkan ruang kabinet atas dan bawah

Jika dapur Anda menggunakan kabinet, maksimalkanlah ruangnya agar berfungsi secara optimal. Gunakanlah tambahan rak lepas untuk memudahkan Anda menyesuaikan kebutuhan ruang pada kabinet. Penggunaan rak lepas juga lebih fleksibel, sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah rak lepas yang bisa dilipat, jadi saat tidak digunakan, Anda bisa menyimpannya dengan rapi.

Maksimalkan ruang bawah sink

Ruang bawah sink biasanya hanya digunakan untuk menempatkan pipa dari tempat cuci piring atau untuk meletakkan tempat sampah. Sayang sekali, padahal ruang bawah sink ini bisa dimanfatkan juga untuk tempat penyimpanan kebutuhan bersih-bersih. Anda bisa memanfaatkan rak lepas ataupun membentuk laci dengan bentuk U yang mengikuti ruang agar ruang ini tetap fungsional dan rapi.

Itulah beberapa tips menata dapur minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk menata dapur Anda. Dengan penataan yang tepat, dapur yang terkesan sempit dengan penyimpanan terbatas, bisa difungsikan lebih maksimal. Jika Anda kesulitan untuk membuat tempat penyimpanan yang fungsional, Anda bisa menyewa jasa interior jogja untuk hasil yang lebih memuaskan. Pilihlah jasa interior yang berpengalaman.