Umum

Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci Dan Beberapa Tips Berguna

Pintu mobil memakai kunci khusus yang berguna untuk meningkatkan keamanan. Proteksi tersebut tidak hanya resiko criminal tetapi saat berkendara. Mobil membutuhkan pintu yang terintegrasi langsung ke bagian body. Selain itu, pintu juga memiliki sistem kunci yang dapat diatur pada setting di dashboard. Pengemudi mengizinkan pintu terbuka atau terkunci.

Akan tetapi, situasi tidak terduga sering muncul yaitu pintu tersebut terkunci. Anda hanya perlu memakai kunci utama atau cadangan. Akan tetapi, kondisi terkunci tersebut terjadi tidak sengaja. Misalnya, pintu tertutup dengan keras dan bagian kunci tidak berfungsi karena tekanan tersebut. Selanjutnya, Anda melihat anak kunci sedang tergantung di bagian dalam. Apapun penyebabnya, kondisi pintu tersebut memang tidak lagi bisa dibuka dengan cara normal. Untuk menyelesaikan masalah ini dengan aman, hubungi ahli kunci khusus pintu mobile.

Anda memakai jasa mereka karena terbukti lebih aman dan praktis. Mereka telah berpengalaman di bidang ini dan mengerti sistem kunci terbaru. Bagi pemilik kendaraan keluaran baru, pintu dan kunci memakai sistem khusus berteknologi canggih. Cara buka normal tidak lagi berguna kecuali memakai metode paksa. Di kondisi darurat, pemilik dapat memecahkan kaca lalu meraih tuas kunci.

Solusi Membuka Pintu Mobil Terkunci

Beberapa solusi tersedia saat menemukan pintu mobil terkunci. Simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Tali sepatu

Bagian kaca di pintu memiliki celah tipis yang dapat ditarik perlahan ke bawah. Anda tidak akan mampu mendapat celah besar tetapi lumayan untuk memasukkan satu jari. Dari sisi luar, Anda melihat pengunci di bagian pintu. Tugas Anda adalah bagaimana menariknya ke atas sehingga pintu terbuka dari dalam.

Solusinya adalah menggunakan tali sepatu atau apapun yang mampu mengikat bagian tersebut. Langkah awal adalah buat simpul dan segera masukkan dari celah. Tunggu hingga tali mencapai pintu dan segera geser hingga masuk ke dalam simpul. Anda tarik perlahan lalu pengunci segera tertarik ke atas. Tali lain yang lebih tipis dan kuat juga diperkenankan. Cara ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Keunggulannya adalah kaca dan pintu tidak terkena  goresan.

  1. Kawat gantungan

Celah tersebut dapat dimasuki kawat gantungan. Ini merupakan gantungan baju yang memakai kawat tipis tetapi mudah dilepas. Anda segera masukkan perlahan dari atas hingga mencapai bagian pengunci. Cara ini lebih cepat dari tali karena bentuk kawat yang kokoh dan solid. Selain kawat dari gantungan, benda lain yang setara juga memiliki fungsi yang sama. Contohnya adalah penggunaan kawat khusus yang bagian ujung dibuat mirip pengait. Fungsinya untuk menjangkau kunci pintu.

Meskipun tampak mudah, cara ini memiliki beberapa resiko. Yang pertama adalah goresan di kaca ketika kawat tersebut berusaha menjangkau pintu. Anda juga membutuhkan kawat yang cukup panjang agar mudah mendapatkan kunci tersebut dengan mudah. Apabila celah cukup besar, Anda dapat memakai semacam kawat khusus yang sedikit lebih kaku untuk menjangkau anak kunci yang ada di bagian dashboard. Tentu saja, pilih prioritas sesuai kebutuhan dan kondisi yang tepat.

  1. Penggaris

Solusi lain adalah penggaris dari bahan besi dan tipis. Cara ini juga menargetkan pengunci di pintu. Akan tetapi, Anda meraihnya dari posisi berbeda. Kaca dan pintu pada mobil memiliki celah yang tipis. Bagian ini ditutup dengan karet sehingga tidak ada air dan debu yang masuk. Anda buka karet penutup tersebut lalu segera selipkan penggaris. Geser ke arah pengunci dan pastikan mampu menjangkaunya. Bagian tersebut akan bergerak naik karena berhasil melepas tuas. Selanjutnya, Anda dapat membuka pintu secara normal.

Selain penggaris, benda apa saja yang berbentuk serupa dapat menjadi solusi lain. Anda mungkin berpikir untuk memasukkan kawat ke celah tersebut. Karena sangat tipis, kawat atau tali tidak akan dapat masuk. Celah ini hanya cocok bagi penggaris karena lebih solid dan mampu digeser ke arah yang sesuai dengan target.

  1. Peniti

Pintu rumah terkunci dan Anda lupa dimana kunci untuk membuka. Siapkan peniti lalu masukkan ke dalam lubang pintu. Cara yang sama diterapkan secara langsung pada pintu mobil. Celah untuk kunci sangat kecil sehingga dapat dilalui peniti. Target Anda adalah semacam tuas yang mampu menarik bagian kunci keatas dengan mudah. Peniti mempunyai bentuk kecil dan bagian ujung mirip pengait. Anda perlu sabar ketika ingin menerapkan cara ini.

  1. Kunci mobil lain

Jika memang terpaksa, pinjam kunci mobil lain dengan brand dan tipe yang sama. Selama belum dimodifikasi, kunci akan menunjukkan bentuk yang sama. Anda coba masukkan ke mobil sendiri lalu gerakkan perlahan. Coba lagi dengan peniti dan ganti kunci secara berkala. Proses ini membantu agar bagian pengunci pintu lebih renggang sehingga mudah ditarik. Selanjutnya, Anda siapkan penggaris atau kawat lalu lakukan sesuai prosedur yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Beberapa pemilik mobil menemukan cara unik untuk membuka kunci mobile. Mereka memakai bola tenis atau sejenisnya. Lubang pintu mobil di bagian luar sangat kecil tetapi mampu dijangkau dengan tekanan udara. Anda memakai bola tersebut agar mengalirkan udara langsung ke pengunci. Target tetap tuas agar bergerak ke arah atas. Prosedurnya adalah siapkan bola dan beri lubang kecil. Tekan bola hingga mengecil lalu salurkan udara tersebut ke pintu. Cara ini memiliki peluang berhasil yang kecil tetapi dapat dipakai sebagai alternatif

Setelah mencoba berbagai cara, Anda masih belum dapat membuka pintu. Perlu diketahui bersama, penggunaan kawat dan penggaris meningkatkan peluang berhasil. Namun, pemilik mobil wajib bersabar dan mengerti resiko seperti tergores. Selain itu, celah antara kaca dan pintu kadang sangat kecil hingga penggaris tidak mampu masuk. Di mobil keluaran terbaru, mereka membuat lapisan cover karet yang ketat dan kokoh. Jika dibuka dengan cara paksa, karet mungkin tidak dapat dipasang kembali.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, opsi seperti memecah kaca juga dapat dipertimbangkan. Sekilas, ini cara yang kasar yaitu Anda harus memecah kaca depan untuk meraih pengunci. Resikonya adalah siap mengganti kaca baru, cedera akibat pecahan, dan mobil justru tidak berfungsi. Untuk mobil tipe lama, metode membuka kunci lebih mudah dan praktis sehingga tidak perlu memecah kaca. Akan tetapi, kondisi darurat memang membutuhkan solusi yang signifikan dan ekstrim. Selama Anda menjalankan prosedur keamanan, cara ini juga sangat sesuai.

Tips menghindari terkunci pada mobil

Resiko terkunci bukan hal aneh bagi pemilik mobil. Kejadian ini bahkan dianggap sering terjadi sebab pemilik lupa atau kurang teliti. Meskipun tidak sengaja, situasi sudah terjadi sehingga harus segera diselesaikan dengan tepat.

Ada satu resiko yang berbahaya ketika pintu mobil terkunci dari arah dalam. Anda meletakkan sesuatu di kabin atau bagasi yang tidak tahan lama. Kondisi lain adalah anak kecil atau bayi berada di dalam mobil. Jika hal seperti ini terjadi, prioritas utama adalah cara agar mereka tidak panik serta orang tua mampu membebaskan dengan aman. Jadi, siapkan prioritas dan cara yang sesuai sehingga Anda tidak berada di kondisi yang sulit.

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Ungkapan inis angat cocok bagi pemilik mobil terutama yang sering mengalami pintu terkunci. Sekali terjadi dianggap sebagai resiko biasa dan segera menyelesaikan. Setelah terjadi dua kali, pemilik harus lebih waspada dan yang ketiga masuk kategori warning berat. Kejadian terkunci yang sangat sering menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan mobil. Beberapa tips berikut ini akan membantu  untuk mengenali hal tersebut.

  1. Cek setting kunci

Cek bagian setting kunci terutama mobil lama yang mudah rapuh. Sistem kunci pintu mobil dibuat dengan platform pusat yaitu semua kontrol terletak di dashboard. Anda dapat membuka pintu tengah, belakang, dan bagasi karena telah diatur dari depan. Secara berkala, cek ulang setting tersebut.

  1. Berikan proteksi di pintu

Anda ingin memasukkan beberapa barang ke dalam mobil. Pintu akan terus dibuka dan dijaga agar tidak tertutup. Tambahan semacam proteksi misalnya kain atau bantalan yang empuk. Saat pintu menutup, posisinya tidak langsung terkunci. Selanjutnya, Anda dan siapapun dapat membuka pintu dengan mudah. Cara ini sangat praktis daripada harus menekan tuas berkali-kali. Pintu lebih aman dan resiko terkunci juga kecil.

  1. Bersihkan pintu dan celah kaca

Penyebab pintu terkunci di mobil adalah kotoran yang menumpuk. Debu dan apapun yang menempel di pintu memberikan resiko yaitu gangguan sistem kunci. Jika memakai panel elektronik, resiko ini justru semakin tinggi. Sistem tersebut sangat rentan bahkan segera tidak berfungsi ketika terkena air atau debu yang sangat kotor.  Pintu dan kaca memiliki celah yang dapat dimasuki penggaris. Anda perlu membersihkannya dari dalam secara berkala.

  1. Ganti kunci baru

Jika memang tidak mungkin lagi diperbaiki, solusinya adalah ganti yang baru. Ini metode yang tepat bagi mobil keluaran lama. Mereka mudah sekali terkunci atau istilahnya ngadat ketika akan buka tutup pintu. Bengkel resmi dan terpercaya siap menyelesaikan masalah ini secara tuntas. Pintu tersebut akan dicek secara keseluruhan lalu diganti dengan yang baru.  Kondisi lain mengapa Anda perlu ganti kunci adalah pintu rusak akibat kecelakaan.

Selain kunci utama, pemilik mobil dapat menambahkan sistem yang terpisah sebagai backup. Artinya, kunci sengaja dipasang untuk menghindari resiko terkunci. Ini merupakan sistem yang membutuhkan pengerjaan yang tepat.

Dari tips yang telah dijelaskan, Anda mengerti mengapa harus lebih cermat pada mobil. Perawatan yang tepat dan teratur akan mengurangi resiko terkunci. Anda tidak ingin kejadian seperti ini justru berdampak buruk. Tips juga disesuikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan. Yang terpenting adalah pemilik menyadari bahwa pintu terkunci harus diselesaikan dengan cepat.

Produsen mobil mengembangkan sistem keamanan yang lebih canggih. Jika Anda melihat mobil di kategori mewah, bagian handle seolah menyatu langsung ke pintu. Selain itu, sistem untuk membukanya bukan dengan cara manual atau elektrik. Pemilik cukup menggunakan sidik jari dan secara otomatis kunci terbuka. Mobil seperti ini membutuhkan profesional yang tepat ketika terjadi kerusakan. Tentu saja, biaya juga berperan penting karena proses perbaikan tidak murah. Disisi lain, hasilnya sangat baik dan dijamin tidak bermasalah.

Similar Posts