Uncategorized

Keunikan Tugu Kujang Bogor

Tugu Kujang merupakan salah satu ikon Kota Bogor. Tugu kebanggaan ini di bangun sangat megah dari bahan stainless. Tugu dengan tinggi 25 meter ini terlihat sangat indah ketika malam hari. Apalagi lokasinya berada di tengah pertigaan di atas tanah seluas 26 m x 23 m, membuatnya tampah megah.  Sedangkan nama Tugu ini diambil dari nama senjata tradisional yang memiliki kekuatan ghaib.

Senjata ini merupakan senjata yang ada sejak masa kerajaan Pajajaran. Lebih tepatnya kerajaan ini ada pada abad ke 14. Bahkan, hingga saat ini senjata Kujang dijadikan masyarakat petani Bogor sebagai alat pertanian. Senjata Kujang ini diletakkan di atas puncak Tugu Kujang. Jika dilihat lebih dekat dan teliti, senjata ini mirip seperti ikan yang sedang berdiri.

Ketika melewati Tugu Kujang Bogor, wajib sekali untuk turun dan melihat secara dekat tugu ini. Pasalnya di bagian bawah tugu terdapat tulisan “Dinu Kiwari Ngacik Nu Bihari Seuja Ayeuna Sampeureun Juga” dalam bahasa Indonesia artinya “Apapun yang dilakukan pada hari ini dan besok harus bisa lebih baik dan hari-hari yang telah berlalu”.

Meskipun hanya sebuah tugu, tetapi kebersihan dan perawatannya tetap terjaga. Apalagi Tugu Kujang menjadi icon kebanggaan masyarakat Bogor. Tugu Kujang dibangun sebagai lambang semangat masyarakat Bogor. Sehingga tidak heran jika tugu ini dibangun di tengah kota.

Similar Posts