Flora

Cara Menanam Buah Naga yang Praktis dan Mudah

Saat ini banyak ditemukan orang sudah banyak yang mengenal buah naga. Buah naga ini termasuk jenis tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman kaktus. Berasal dari Mexico, buah naga menawarkan cita rasa yang segar dan manis. Sementara buah naga ini baru mulai populer di Indonesia pada tahun 2000-an.

Bahkan saat ini sudah banyak petani yang budidaya buah naga. Kalau anda tertarik untuk menanam buah naga maka silahkan menanam dengan sistem organik. Salah satu keuntungan tanam buah naga secara organik adalah buahnya segar-segar. Bahan organik pastinya tidak ada bahan kimia yang masuk.

Syarat Agar Tanaman Buah Naga Bisa Tumbuh dan Menghasilkan Buah

Apabila saat ini anda tertarik untuk menanam buah naga, bisa simak penjelasan ini sampai selesai. Sebelum mengetahui cara menanam buah naga, pastikan anda harus paham akan hal berikut ini :

  1. Buah naga yang memiliki daging putih bisa hidup kalau ditanam pada ketinggian kurang dari 300 mdpl.
  2. Sementara untuk buah naga yang memiliki daging merah bisa hidup di ketinggian 0 sampai 100 mdpl.
  3. Buah naga yang memiliki daging putih dengan kulit kuning bisa tumbuh baik di ketinggian 800 mdpl.

Buah naga merupakan salah satu buah yang suka lokasi yang kering dan bisa juga hidup di lokasi dengan curah hujan yang tinggi. Pastikan ketika menanam buah naga, jangan sampai ada genangan air. Mengingat buah ini tidak tahan terhadap genangan air.

Jadi kalau mau menanam buah naga pastikan pencahayaan sinar matahari yang cukup. Jadi dengan memilih lahan yang terbuka bisa membuat buah naga bisa berkembang dengan baik.

Tips Budidaya Buah Naga dengan Mudah

Setelah mengetahui beberapa syarat agar menanam buah naga bisa berhasil dengan baik. Silahkan simak beberapa tips budidaya buah naga yang lebih mudah. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Tahap pembibitan

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan bibit buah naga. Anda bisa memilih cara generatif (biji), dan cara vegetatif dengan memanfaatkan batang untuk distek.

Cara yang paling mudah dan cepat agar cepat berbuah anda bisa memilih cara stek batang. Tahap ini silahkan memilih batang yang sudah memiliki diameter 8 cm. Kalau bisa silahkan memilih batang yang sudah pernah berbuah. Semakin tua batang buah naga, semakin bagus hasilnya.

Silahkan memotong batang yang akan dijadikan bibit sekitar 80 cm. Setelah itu silahkan potong lagi batang tersebut 20 cm. Agar bibit cepat berbuah pastikan bibit tersebut sudah memiliki 4 mata tunas.

  1. Memilih lokasi lahan

Agar anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa menggunakan lahan yang terbuka dan terpenuhi kebutuhan sinar matahari. Kalau untuk tanah, silahkan untuk mencampurnya dengan pupuk dan pasir.

  1. Proses penanaman buah naga

Setiap tiang panjat anda bisa menanam 4 bibit tanaman. Setiap bibit ini silahkan diberi jarak 0 cm dan diikat agar menempel dengan tiang panjat.

  1. Proses perawatan tanaman buah naga

Tahap selanjutnya silahkan melakukan proses perawatan agar bibit buah naga bisa cepat berbuah. Lakukan proses pemupukan dengan menggunakan pupuk kompos atau dengan pupuk nitrogen. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan pemangkasan agar tidak terlalu bercabang.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara menanam buah naga dengan mudah dan menghasilkan buah yang banyak dan manis. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda dalam menanam buah naga.

Similar Posts