Kesehatan

Cara Menghilangkan Pegal di Badan

Kebanyakan orang jika mengalami pegal di badan maka akan langsung memijatnya. Ternyata selain dipijat ada cara yang lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pegal tersebut.

Jika kamu penasaran, maka bisa disimak ulasan mengenai cara menghilangkan pegal di badan berikut ini.

1. Es Batu

Selain bisa digunakan untuk membuat rasa segar pada minuman, es batu juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri di badan.

Jika menggunakan es batu, caranya juga mudah saja yaitu masukkan es batu kedalam wadah. Atau juga bisa melapisi es batu tersebut dengan menggunakan kain.

Kemudian kompreskan pada bagian tubuh yang pegal selama kurang lebih 5 menitan.

2. Menggunakan Manggis

Selain dikenal sebagai buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, ternyata manggis memiliki fungsi lain yaitu menghilangkan pegal di badan.

Cara yang dipakai juga mudah saja, potonglah kecil-kecil kulit manggis. Setelah itu jemur sampai kering. Lalu tumbuk kulit manggis yang sudah kering tersebut agar menjadi bubuk.

Setelah kulit manggis menjadi bubuk ,maka kamu bisa menyuruhnya untuk menghilangkan rasa pegal. Saat pegal atau nyeri mulai terasa, kamu bisa menggunakan cara ini.

3. Minum Air Putih

Biasanya penyebab utama dari badan terasa pegal yaitu karena kamu kekurangan cairan atau dehidrasi. Jadi kamu juga harus mencukupi kebutuhan cairan minimal 8 gelas perhari.

Kegunaan air putih sangat penting bagi tubuh untuk mengendurkan urat serta melemaskan otot yang terasa tegang. Dengan konsumsi air putih juga bisa melarutkan kadar asam urat yang terdapat dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air seni.

Sehingga hal tersebut akan mempercepat proses metabolisme didalam tubuh, jadi kamu tidak mudah merasa pegal.

4. Minum Air Jahe saat Kelelahan

Untuk mengatasi pembengkakan di dalam tubuh, kamu bisa meminum air jahe sebagai obat yang alami. Jahe mengandung antioksidan yang bisa menetralkan tubuh dari racun sehingga menjadikanmu mudah terbebas dari rasa pegal.

Untuk menggunakan manfaat jahe ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu merebusnya dalam air. Apabila kamu tidak menyukai rasa jahe yang terlalu pedas maka bisa tambahan madu agar lebih enak.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3 dan Zat Besi

Biasanya rasa pegal disebabkan karena anemia atau kekurangan sel darah merah. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi zat besi yang cukup seperti daging tanpa lemak, tahu, kerang, kacang-kacangan serta biji-bijian bisa menambah sel darah merah dalam tubuh.

Dan supaya energi kamu bertambah maka kamu juga membutuhkan asam lemak omega 3. karena kandungan ini tidak dihasilkan oleh tubuh, maka kamu perlu mendapatkan asupan dari luar yaitu makanan yang berupa ikan berlemak seperti salmon, tenggiri dan tuna.

6. Berolahraga

Jika badan kamu terasa pegal, pastilah akan terasa malas untuk melakukan olahraga. Akan tetapi ternyata dengan berolahraga merupakan cara yang efektif untuk mengurangi kelelahan.

Tentunya hal ini juga berdasarkan penelitian bahwa orang yang rutin berolahraga maka akan lebih aktif, lebih bertenaga serta tentunya menjadi lebih sehat.

Jika kamu ingin berolahraga sebaiknya jangan langsung yang berat-berat dulu. Kamu bisa memulainya dengan olahraga yang kamu sukai misalnya bersepeda,jogging dan lain-lain. Dan yang terpenting yaitu tubuh kamu harus aktif untuk bergerak.

7. Tidur yang Cukup

Kemudian cara yang terakhir yaitu dengan memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat tidur. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu agar bisa menyembuhkan diri. Setidaknya berikan waktu sekitar 7 sampai 8 jam untuk tidur agar badan kembali fresh.

Terakhir cara paling efektif dan efesien adalah dengan memesan jasa massage, sekarang jasa ini bisa kamu pesan secara online loh.