Islam

Kapan Waktu Sholat Dhuha

Sebagai orang muslim, tentu kita mengerti apa itu shalat duha. Shalat dhuha ialah ibadah sunnah yang serng dilakukan oleh orang muslim pada pagi hari. Dalam islam sangat dianjurkan untuk melakukan shalat sunah shuha bagi umat muslim, hal ini dikarnakan shalat dhuha memiliki fadhilah yang sangat baik untuk orang yang mau rutin menjalankanya.

Sebelum melaksanakan shalat dhuha hendaknya kita mengetahui terkait dengan pembagian waktu shalat dhuha. Sebab, dalam islam shalat sunah ini hanya bisa dilakukan di waktu tertentu. Sebagian masyarakat ada yang rutin melaksanakanya, bahkan di pasang jam digital untuk masjid agar mudah di tandai waktu shalat duha.

Bagi anda yang belum melakukan, atau yang sudah rutin menjalankanya, alangkah lebih baiknya jika kita mengerti lebih jauh terkait dengan shalat dhuha itu sendiri. Berikut ini kami sajikan keteranganya:

Deskripsi Lengkap Terkait Kapan Shalat Dhuha Yang Baik

  • Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Shalat dhuha memiliki banyak keistimewaan, salahsatunya adalah, shalat dhuha dilakukan hanya dengan dua rakaat. Selain itu, bagi anda yang ingin menjalaninya juga diperbolehkan mengulangi shalat dhuha lebih dari satu kali.

  • Keutamaan Shalat Dhuha

Bagi umat muslim yang menjalankan shalat dhuha akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, salah satu manfaat tersebut adalah mudah diampuninya dosa-dosa mereka. Oleh sebab itu, mulailah rutin untuk melakukan shalat sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah swt.

  • Sebagaimana Ketentuan Dalam Agama

Ibadah shalat telah ditentukan masing-masing waktunya untuk bisa menjalaninya. Shalat Dhuha bisa dilaksanakan pada saat matahari terbit hingga naik, saat matahari naik berada di atas kepala, dimulai sejak waktu shalat dhuha hingga tergelincirnya matahari.

Dalam ruang lingkup ibadah sunnah, shalat dhuha merupakan ibadah yang tergolong banyak diamalkan oleh masyarakat yang latar belakang agamanya Islam. Artinya, shalat dhuha memiliki keistimewaan yang sudah di akui oleh banyak kalangan ummat muslim. Oleh karena itu, jangan sampai telat untuk menjalankannya, agar Anda juga ikut merasakan fadhilah dari ibadah sunnah tersebut.

Shalat dhuha memiliki manfaat untuk melancarkan rizki, bagi Anda yang menginginkan agar jalan rizkinya di mudahkan oleh Allah, hendaknya Anda bisa rutin menjalankan shalat dhuha setiap hari. Dengan menjalankan shalat sunnah dhuha setiap hari, Allah akan memudahkan segala urusan dunia dan memberikan manfaat besar kelak di akhirat.

Manfaat Lain Bagi Orang Yang Menjalankan Shalat Dhuha

Pixabay.com

Dalam ilmu medis dikatakan bahwa, orang yang rutin menjalankan shalat dhuha setiap hari akan memiliki kesehatan yang baik untuk tubuhnya. Pasalnya, di beberapa gerakan shalat tersebut dapat mengenangkan kulit wajah, serta memompa peraliran darah yang kemudian dapat menyehatkan jantung, serta membuat otak lebih cerdas.

  • Sebelum shalat dhuha tentu kita akan melakukan wudhu, dalam prosesi berwudhu tersebut kulit anda menyerap banyak manfaat. Pasalnya, dalam ilmu kedokteran disebutkan bahwa air di pagi hari mengandung banyak kandungan yang bermanfaat, serta oksigen yang masih utuh.
  • Selain kesehatan dalam shalat dan wudhunya, orang yang terbiasa shalat dhuha secara tidak langsung mereka terlatih untuk hidup disiplin. Dengan begitu, ummat muslim tidak akan hanya menjadi kaum rebahan, dan lebih produktf lagi.
Pixabay.com

Islam mengajarkan banyak hal, salahsatunya adalah ibadah seperti shalat dhuha. Nari bersama-sama mengamalkan ibadah sunnah ini dengan lebih rajin lagi, semoga allah memudahkan orang-orang yang bertaqwa. demikian dari kami dan terimakasih.

Similar Posts