Pendidikan

Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan hasil riset yang dapat dilakukan oleh anggota dari lembaga penelitian dan lembaga pendidikan. Karya ilmiah merupakan serangkaian kegiatan menulis yang dilandasi dari hasil penelitian yang disusun secara sistematis  dan format yang telah ditentukan. Karya ilimiah memiliki metodologi ilmiah yang dapat diikuti oleh pembuat agar tidak salah format. Metodologi maupun formatnya telah dibuat sedemikian rupa dengan memperhatikan kaidah dan eyd dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jenis karya ilmiah yang dapat diterbitkan terdapat beberapa jenis, dan hal ini juga telah diajarkan di sekolah atau dijadikan tugas kelompok dan individu oleh guru maupun dosen di lembaga pendidikan. Tentunya ketika akan membuat sebuah karya imiah tentukan juga jenis karya ilmiah yang dapat dipilih. Karya ilmiah yang baik tentunya juga memperhatikan hal detail seperti, kalimat utama adalah kalimat yang didalamnya terdapat gagasan utama dalam satu paragraf.

Berikut jenis – jenis karya ilmiah,

Yang pertama makalah yaitu, karya ilmiah yang memuat topik penelitian dengan data yang ada di lapangan. Makalah bersifat empiris dan obyektif. Untuk penyajiannya, makalah dapat dipresentasikan dalam sebuah seminar atau di depan kelas sebagai sebuah hasil dari diskusi kelompok. Makalah ini biasanya digunakan sebagai tugas kelompok maupun individu yang sangat sering diberikan oleh guru maupun dosen di lembaga pendidikan. Setelah makalah dikumpulkan dosen maupun guru juga akan meminta pembuat makalah yang menarik mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas. Selain berguna untuk menjadikan referensi penulis lainnya, juga sebagai bentuk penghargaan kepada penulis karena telah membuat makalah dengan baik.

Adapula artikel, yaitu yang memuat subjektivitas peneliti dalam konteks jurnalistik. Namun, tetap mengedepankan fakta-fakta yang ada. Artikel dapat memuat pendangan mengenai hal apapun, seperti, peristiwa tertentu, berita, atau sudut pandang terhadap sesuatu. Artikel disesuaikan dengan format tertentu, tentunya dapat dimuat di beberapa jurnal penelitian yang mana dapat menjadi referensi untuk pembaca artikel. Adapula artikel yang dimuat oleh portal berita online, hal ini tentunya berbeda dengan artikel penelitian, artikel berita akan memuat berita yang akan diulas dengan pertanyaan seperti, apa, mengapa, bagaimana, kapan, siapa, dimana secara detail dan rinci.

Selanjutnya skripsi, merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S1 untuk mendapat gelar sarjana dari universitasnya. Skripsi ini memiliki dua metode penelitian yang dapat digunakan yaitu, metode kuantitatif dan metode kualitatif atau dapat juga mengkombinasikan kedua metode tersebut agar lebih sesuai dengan topik atau tema dari penelitiannya.

Adapula tesis yang merupakan tugas akhir dari mahasiswa s2 untuk mendapatkan gelar pascasarjana. Tentunya tesis dan skripsi memiliki perbedaan, tesis tentunya akan lebih mendalam dan mengungkapkan pengetahuan yang baru yang didapatkan peneliti melalui penelitiannya.

Adajuga tugas akhir untuk mahasiswa program s3 untuk meraih gelar doktor/Dr. yaitu disertasi yang lebih menemukan analisis baru terhadap topik yang diteliti dengan data dan fakta yang valid tentunya juga asli dari orisinalitas dari penulis.

Masing – masing dari karya ilmiah tentunya memiliki format penulisan yang berbeda – beda dan sebagai penulis juga harus mengetahui agar tidak saling tertukar.

Demikianlah ulasan mengenai jenis karya ilmiah yang dapat dijelaskan. Perkembangan karya ilmiah tentunya akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman yang mengakibatkan peristiwa atau kejadian yang dapat diteliti juga akan semakin banyak.

Similar Posts