Uncategorized

Pendakian Gunung Lawu Via Candi Cetho

Gunung Lawu memiliki tinggi 3.265 mdpl merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki. Jalur pendakian gunung lawu terdapat beberapa jalur seperti, jalur cemara sewu dan cemara kandang, ada pula melalui candi cetho. Pendakian tersebut juga melewati obyek wisata yang merupakan peninggalan majapahit berupa candi.

Berikut langkah – langkah mencapai gunung lawu melalui candi cetho,

Pos I (mbah Branti) jalur pendakian ini juga akan melewati situs peninggalan sejarah yaitu, candi kethek. Kondisi medan saat perjalanan juga terbilang masih cukup landai untuk awal – awal pendakian. Adapula Pos II (Brak Seng), setelah melewati hutan yang didominasi tumbuhan pohon damar dan puspa, jalur pendakian berikutnya agak sedikit menanjak dari yang sebelumnya. Dan pada pos II ini, tersedia fasilitas shelter dan lahan terbuka untuk membuka tenda.

Selanjutnya mengenai pos III dan Pos IV,

Jalur pendakian ke pos III (cemoro dewo) juga akan semakin terjal dan ditemani dengan tumbuhan akasia di sepanjang jalan setapak. Di pos ini juga tersedia sumber air sehingga para pendaki juga dapat mengisi ulang air minum agar tidak kelelahan selama perjalanan. Selanjutnya pos IV (Penggik), selama perjalanan masih ditemani oleh tanaman pinus sehingga para pendaki tidak terlalu merasa kepanasan saat berjalan di siang hari. Untuk mencapai puncak gunung lawu juga harus melewati tanjakan dari hargo dalem – hargo dumilah.

Similar Posts