Uncategorized

Kenali Mitos Ibu Menyusui Yang Dipercaya Masyarakat

 

Indonesia kaya akan suku dan budaya yang kental di masyarakatnya. Seperti layaknya ibu hamil dan bayi yang baru lahir. Ibu menyusui juga banyak memiliki pantangan berupa mitos yang tidak boleh dilakukan. Untuk mengetahuinya, simak poin-poin berikut mengenai mitos ibu yang menyusui.

Mitos Yang Beredar Mengenai Ibu Menyusui

  1. Bayi Harus Menyusu Pada Kedua Payudara

Pada minggu awal menyusui, sebaiknya membiasakan bayi menyusu pada dua payudara untuk menjaga pasokan ASI di kedua payudara. Jika sekarang bayi menyusu pada payudara kiri kemudian kanan, usahakan menyusu berikutnya payudara kanan dulu kemudian kiri, hal ini untuk menjaga pasokan ASI tetap seimbang.

  1. ASI Yang Sedikit Karena Ibu Lemah

Jangan berpikiran negatif untuk hal ini. Pasokan ASI ditentukan oleh berbagai macam faktor seperti kelelahan, jadwal menyusui kurang teratur dan perlekatan yang kurang baik. Konsumsi makanan yang sehat berupa buah dan sayuran untuk produksi ASI yang lebih banyak.

  1. Sering Menyusui Menurunkan Stok ASI

Mitos ibu menyusui selanjutnya adalah mengenai stok ASI. Faktanya stok ASI pada tubuh ibu menyusui akan mengikuti kebutuhan ASI yang diperlukan oleh bayi. Kunci utamanya adalah rutin menyusui dengan jadwal yang teratur maka tubuh ibu menyusui dapat beradaptasi. Apalagi pada masa growth spurt ketika bayi membutuhkan ASI lebih banyak.

Itulah hal yang dipercayai masyarakat Indonesia mengenai ibu menyusui. Anda bisa melaksanakannya jika berdampak baik bagi anda, namun jangan terlalu percaya hal yang buruk. Tetap berpikir positif agar mental anda terjaga kesehatannya hingga proses persalinan tiba.

Similar Posts