Uncategorized

Manfaat Pepaya untuk Ibu Menyusui

Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki banyak nutrisi. Selain baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, pepaya juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Manfaat pepaya untuk ibu menyusui di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada pepaya sekaligus kandungan airnya yang banyak membuat buah yang satu ini dapat melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang lancar, ibu menyusui pun dapat mempertahankan kualitas ASI karena nutrisi makanan yang dikonsumsi dapat diserap maksimal.

  1. Meningkatkan produksi ASI

Selain kandungan airnya yang banyak, buah pepaya juga mengandung serat serta berbagai vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan produksi ASI. Oleh karena itu, ibu menyusui sangat disarankan mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang.

  1. Mencegah stress

Selain mengandung banyak vitamin, buah pepaya juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah kalium. Kalium dapat mempengaruhi suasana hati ibu menyusui yang umumnya mudah mengalami perubahan mood karena berbagi nutrisi dengan anak.

Dengan mengonsumsi pepaya, kalium yang hilang bersama ASI dapat diganti.

  1. Mencegah dehidrasi

Buah pepaya matang selain mengandung banyak nutrisi juga mengandung banyak air. Oleh karena itu, buah ini sangat disarankan untuk ibu menyusui karena kandungan airnya dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama menyusui. Dengan mengonsumsi buah pepaya, ibu akan terhindar dari dehidrasi.

 

 

Similar Posts