Pendidikan

Pahami, Inilah Syarat Jadi Pramugari Yang Paling Utama!

Pramugari bukan hanya sekedar melayani minuman atau makanan bagi penumpang. Lebih dari itu, pramugari punya tugas berat untuk memastikan keselamatan penumpangnya. Untuk itulah, ditetapkan syarat jadi pramugari yang cukup ketat.

Seleksi akan dilakukan oleh maskapai penerbangan dengan cermat. Hanya pelamar berkualifikasi yang diterima. Meskipun kenyataannya, peluangnya terbuka bagi siapa pun.

Apabila Anda bermimpi menjadi seorang pramugari, ada baiknya Anda mempersiapkan diri. Lakukan yang terbaik. Dan, penuhi beberapa hal berikut ini.

Melamar Pekerjaan di Maskapai

Awali dengan melamar pekerjaan di sebuah maskapai penerbangan. Untuk mengisi posisi yang kosong, usahakan untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Yakni berupa pengalaman dan Pendidikan.

Bicara mengenai Pendidikan, Anda sebenarnya masih memiliki peluang. Penyebabnya, lulusan SMA sederajat masih memiliki kesempatan tersebut.

Sementara itu, pengalaman dari pelamar juga sangat diutamakan. Minimal, Anda sudah memiliki pengalaman dalam melayani pelanggan. Anda bisa mencoba dengan bekerja terlebih dahulu sebagai CS di hotel ataupun restoran sebagai bagian dari pengalaman kerja.

Tetapi jika tidak, itu pun tidak masalah. Yang terpenting, Anda tampil meyakinkan saat sesi wawancara. Misalnya mampu mendemonstrasikan tentang bagaimana melayani penumpang.

Kemudian, jangan lupa untuk memenuhi syarat jadi pramugari yang berupa fisik. Di antaranya adalah usia dan tinggi badan.

Setiap maskapai menerapkan beberapa persyaratan yang berbeda. Makanya, usahakan untuk melihatnya sebelum mengajukan lamaran.

Begitu pula, usahakan untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Kemampuan berbahasa ini sangat diutamakan. Penyebabnya, ini menjadi Bahasa Internasional yang dipakai oleh sebagian besar orang.

Ikuti Program Pelatihan

Setelah diterima dari sesi wawancara, Anda masih belum sepenuhnya diterima sebagai pramugari. Anda masih perlu mengikuti pelatihan yang ditetapkan oleh maskapai. Penyebabnya, ada regulasi yang seharusnya dipahami agar mampu memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang.

Pelatihan ini mengajarkan Anda tentang penanganan atas kondisi Emergency. Contohnya penggunaan masker oksigen, evakuasi dan lain sebagainya.

Manfaatkan waktu tersebut untuk mengasah kemampuan. Jangan pernah melewatkan detail kecil agar Anda dipandang layak mengambil bagian dalam stafnya.

Pelatihan ini sebenarnya sangat mudah jika Anda pernah melakukannya. Yakni dengan menempuh Pendidikan terlebih dahulu di sekolah pramugari.

Di sekolah ini, Anda akan diajarkan berbagai hal berkaitan dengan profesi tersebut. Bahkan, Anda disiapkan sepenuhnya menjadi seseorang yang berkompeten. Baik dalam hal penampilan hingga keterampilan.

Dapatkan Sertifikat Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, Anda akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa Anda memang memiliki kemampuan dasar dalam memberikan pelayanan di pesawat.

Yang perlu digaris bawahi ialah dapatkan penilaian yang lebih baik. Penyebabnya, Anda sedang berlomba untuk mendapatkan posisi dengan banyak pesaing.

Ketika Anda mampu tampil meyakinkan dengan penilaian bagus, maskapai tidak akan ragu untuk memanggil Anda. Anda akan segera mendapatkan panggilan kerja. Kemudian, siap menghasilkan uang di tiap bulannya.

Pramugari baru biasanya hanya mendapatkan jatah terbang sesuai ketentuan. Ini berarti bahwa Anda terkadang masih belum memiliki jam lebih banyak di pesawat. Terkecuali jika Anda memang terampil dan berdedikasi sewaktu mengawali pekerjaan.

Kuncinya ialah bertanggung jawab dan memiliki semangat tinggi dalam memberikan pelayanan. Jika ini bisa dilakukan dengan baik, jam terbang Anda akan semakin banyak. Potensi untuk menjadi pramugari elit bisa diraih.

Demikianlah yang bisa disampaikan di sini. Jika Anda memang menyukai dunia penerbangan dan siap jauh dari keluarga, manfaatkan peluang untuk menjadi pramugarinya. Untuk mendapatkan satu posisi, penuhi syarat jadi pramugari yang disebutkan di atas.

Similar Posts