Uncategorized

Beberapa Ragam Baju Adat Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki hal menarik tentang baju adatnya. Sebagian orang barangkali beranggapan bahwa baju adat di Jawa Tengah ini mirip atau bahkan memiliki persamaan dengan baju adat Yogyakarta. Hal ini tidakah sepenuhnya salah. Untuk tahu lebih banyak lagi, tentu akan lebih menarik bila melihat beberapa baju adat yang ada. Yang pertama adalah basahan. Ini merupakan baju adat yang digunakan dalam pernikahan. Ini berasal dari budaya Mataram sehingga Yogyakarta pun memakai hal ini. Salah satu yang khas adalah riasan paes ageng kaningratan yang digunakan oleh pengantin wanita.

Yang kedua adalah baju adat Jawi jangkep. Ini merupakan baju adat yang terutama untuk menyebut baju adat formal untuk laki-laki. Baju terdiri dari dua bagian utama. Yang pertama adalah baju beskap, dan ini dipadukan dengan kain jarik batik. Aksesoris kepala bernama blangkon akan ditambahkan, dan juga keris yang disematkan di bagian belakang.

Selain itu, dikenal pula pakaian surjan. Surjan ini ada di Jawa Tengah ataupun Yogyakarta. Surjan sangat khas dengan bahan kain yang nyaman dan ringan digunakan. Polanya memiliki dua kombinasi warna dengan motif garis vertikal, dan umumnya adalah hitam serta coklat. Ini memag ditujukan sebagai pakaian sehari-hari. Sudah pasti, menyebut Jawa Tengah juga patut menyebut juga batik, yang hadir dengn beragam motif yang berbeda-beda. Selain itu, baju adat yang digunakan untuk wanita umumnya berupa kebaya.

 

Similar Posts