Umum

Ternyata Ini Urutan Acara Tunangan Secara Umum

 

Buat kamu yang saat ini ingin melangkah serius dengan pasangan, tentu kamu harus melanjutkan hubungan kamu ke tahap lebih serius seperti tunangan karena prosesi ini biasanya akan dilalui sebelum berlangsungnya pernikahan. Meski tidak rumit seperti saat akan menikah, tetap saja ada tata cara dalam acara tunangan yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak dimana hal ini akan membuat mereka selalu ingat dengan janji setia yang sudah diikrarkan pada saat tunangan. Tunangan itu bisa diartikan sebagai mengikat janji untuk serius dan selanjutnya akan mempersiapkan pesta pernikahan. Biasanya tunangan dilakukan setelah prosesi lamaran atau beberapa bulan sebelum pernikahan. Nah, supaya pesta pertunanganmu nanti jadi lancar, maka kamu harus lakukan persiapan matang.

Tata Cara Tunangan Secara Umum

Jika kamu masih bingung dan belum mengetahui seperti apa tata cara yang akan dijalankan pada saat acara tunangan nanti, berikut ini penjelasannya. Ini penting supaya bisa menjadi gambaran atau acuan kamu supaya bisa mempersiapkan acara tunangan jadi lebih maksimal. Biasanya, prosesi tunangan dimulai dari penyambutan yang dilakukan oleh pihak laki-laki. Jadi acara tunangan ini dilakukan di rumah pihak wanita dan otomatis persiapan akan dilakukan oleh keluarga dari pihak wanita. Acara ini diawali dengan penyambutan kedatangan dari pihak laki-laki beserta rombongan baru kemudian dibawa ke sebuah tempat acara supaya bisa lanjut ke tahapan acara.  Ruangan akan ditata dengan tempat duduk berkelompok tapi saling berhadapan dimana satu kelompok untuk pihak wanita dan keluarganya dan satu lagi untuk pihak laki-laki dan keluarganya. Rombongan yang hadir biasanya keluarga ini misalnya orang tua, adik/kakak kandung, kerabat dan lain-lain.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan pihak wanita yang berisi ucapan terimakasih kepada keluarga laki-laki yang hadir saat itu. Selain itu, dalam sambutan ini juga biasanya akan diperkenalkan siapa saja pihak keluarga yang ada di ruangan tersebut. Tidak hanya keluarga dari pihak wanita saja yang akan memberikan sambutan, tapi sambutan juga dilakukan oleh perwakilan dari pihak laki-laki. Jadi keluarga pihak pria akan memberikan kata sambutan dan diwakili oleh keluarga besar pria. Sama seperti sambutan yang dilakukan oleh perwakilan dari keluarga pihak wanita, juru bicara darai pihak laki-laki pun akan memperkenalkan siap saja yang dibawa untuk hadir ke dalam acara tunangan tersebut. Jika kedua pihak sudah menyampaikan sambutannya, barulah inti acara akan disampaikan dari juru bicara keluarga pria dimana maksud dari kedatangan meareka adalah ingin menjalin serius dengan pihak wanita.

Setelah itu, pihak wanita akan memberikan wejangan terkait hubungan serius yang akan dijalankan sampai pernikahan dilangsungkan. Supaya lebih mempertegas bahwa hubungan tersebut serius biasanya akan diberikan simbol ikatan berupa cincin. Kamu juga bisa berikan bunga sebagai tambahan hadiah untuk sang kekasih. Tapi saat memilih bunga nanti, sebaiknya pilih yang maknanya sesuai dengan maksud kamu memberikan bunga tersebut. Kamu bisa membeli bunga di Florist Cilacap untuk mendapatkan pilihan bunga yang lebih beragam dengan harga terjangkau.

Apakah Tunangan dan Lamaran Sama?

Nah untuk yang masih bertanya-tanya apakah tunangan dan lamaran sama, sebenarnya dari tata caranya, kedua prosesi ini mirip. Hanya saja waktu dilangsungkan acara tersebut berbeda. Jadi biasanya lamaran akan dilakukan lebih dulu baru kemudian acara tunangan. Perbedaan selanjutnya juga ada di tujuannya jadi lamaran tujuannya adalah memastikan jika pria dan wanita ingin menuju ke jenjang pernikahan sementara tunangan bertujuan untuk memperkuat komitmen menjelang pernikahan.

Similar Posts