Umum

Daftar Sumber Daya Alam Tambang dan Berbagai Manfaatnya

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari kepulauan. Tentunya memiliki wilayah kelautan yang sangat luas dan memiliki hasil laut yang sangat istimewa. Perlu anda ketahui bahwa sumber daya alam tambang d Indonesia sangatlah melimpah. Banyak hasil tambang yang diekspor ke luar negeri sehingga bisa meningkatkan ekonomi negara.

Jadi berdasarkan jenisnya sumber daya alam itu terbagi menjadi dua yaitu ada yang bisa diperbarui dan ada yang tidak bisa diperbarui. Salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui ini yaitu tambang.

Kalau berdasarkan bahan tambang dibedakan menjadi 3 yaitu bahan tambang logam, bukan logam, dan industri. Bahan logam ini seperti emas perak besi, tembaga, nikel, timah, dan lainnya. Bahan bukan logam ini seperti gas alam, minyak bumi, dan batu bara. Sementara bahan tambang industri ini seperti kapur dan asbes.

Daftar Sumber Daya Alam Tambang di Indonesia

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa daftar sumber daya alam tambang yang ada di Indonesia. Selengkapnya bia simak penjelasan berikut ini :

  1. Minyak bumi dan gas alam

Gas Alam dan Minyak bumi merupakan sumber daya tambang yang tidak bisa diperbarui. Hal ini bisa terjadi karena proses pembentukan minyak bumi dan gas alam butuh waktu yang lama. Biasanya sumber tambang ini digunakan untuk sumber utama transportasi, industri, dan rumah tangga.

  1. Emas

Sumber tambang selanjutnya yang paling populer di Indonesia adalah tambang emas. Dimana Indonesia memiliki 2,3% suku cadang dari seluruh emas di dunia. Bahkan di Indonesia sendiri berada di posisi 6 dunia dengan presentasi hasil produksi 6,7%. Emas ini sendiri merupakan salah satu sumber tambang yang digunakan untuk perhiasan dan berbagai aksesoris lainnya.

  1. Batu Bara

Sumber tambang Batu bara ini biasanya digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik, peleburan biji logam, dan kebutuhan industri. Batu bara termasuk sumber tambang yang tidak bisa diperbarui, karena pembentukan batu bara ini memakan waktu yang lama. Hasil batu bara di Indonesia sekitar 246 juta ton.

  1. Timah

Sumber tambang ini terjadi akibat pelapukan batuan granit yang biasanya digunakan untuk membuat pelapis besi, pembuatan kaleng, dan tube. Selain itu timah ini juga bisa diolah untuk pembungkus rokok, pembungkus permen, dan masih banyak lainnya. Digunakan sebagai pembungkus karena bentuknya yang lebih tipis seperti kertas timah.

  1. Tembaga

Sumber tambang ini merupakan sumber utama pada bidang kelistrikan. Tambang dipilih karena mampu sebagai penghantar yang terbaik. Selain itu tembaga juga digunakan dalam pembuatan pipa air, kuningan, konstruksi, dan masih banyak lainnya.

  1. Nikel

Sumber tambang yang satu ini merupakan logam yang memiliki warna putih, tidak mudah berkarat dan keras. Untuk mendapatkan kualitas yang bagus biasanya nikel ini akan dicampur dengan besi untuk pembuatan perunggu dan kuningan. Nikel ini juga menjadi bahan utama pembuatan uang logam.

  1. Batu Gamping

Batu kapur ini merupakan sumber tambang yang biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri bangunan. Batu gamping atau kapur ini digunakan untuk bahan utama pembuatan semen.

Melihat banyaknya daftar sumber tambang di Indonesia maka dibutuhkan Konsultan MASW Seismik untuk mengetahui pergerakan gelombang seismik atau suara dimasuk di dalam tanah. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan untuk mengetahui kedalaman batuan yang keras, identifikasi, ketebalan dan kedalaman zona lapuk.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar sumber tambang yang melimpah di Indonesia. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda akan sumber tambang yang ada di Indonesia.

Similar Posts