Gaya Hidup

Bahaya Kosmetik Yang Mengandung Merkuri

Saat ini kosmetik yang beredar tak semuanya aman untuk digunakan. Terutama untuk kosmetik yang dibuat secara mandiri atau dikerjakan di rumah sebagai bisnis rumahan. Kosmetik yang bisa digunakan untuk mempercantik diri sangat banyak jenisnya. Masing-masing punya bahan yang berbeda. Perbedaan ini yang membuat kosmetik jauh digunakan untuk kebutuhan yang tak sama. Saat ini kosmetik yang beredar sangat lah banyak jenisnya, kosmetik buatan rumah yang banyak beredar juga mengandung bahan-bahan yang cukup berbahaya. Salah satunya adalah mercuri. Dengan merkuri ini memang sangat pesat kemajuan dalam mempercantik wajah dan tubuh tetapi bahaya yang ditimbulkan juga tak main-main. Terlebih lagi dengan semakin banyaknya pihak yang memproduksi kosmetik sendiri dan menjualnya ke pasaran. Dengan adanya maklon kosmetik membuat kosmetik rumahan ini makin mudah beredar. Tak semua memakai bahan yang aman sehingga penggunanya juga perlu untuk memperhatikan apa saja komponen yang ada dan juga resiko yang akan didapatkan.

Ciri Kosmetik Yang Menggunakan Merkuri

Terdapat beberapa ciri dan contoh kosmetik yang menggunakan merkuri. Hal ini jelas terlihat dari beberapa hal yang berkaitan dengan model kosmetik itu sendiri. Salah satu ciri kosmetik yang menggunakan merkuri di dalam komponenanya antara lain adalah memiliki warna abu atau cream. Tidak semua kosmetik yang berwarna tersebut mengandung merkuri akan tetapi dengan warna yang mencolok tentu saja hal ini mudah diketahui. Warna cream dari kosmetik ini juga menjadi indikasi bahwa terdapat logam berat di dalamnya. Merkuri sendiri adalah salah satu logam berat yang cukup berbahaya jika digunakan. Saat bahan ini masuk ke kulit maka akan memberikan efek yang membahayakan tubuh.

Selain dari warna itu sendiri, kosmetik yang mengandung merkuri juga akan memberikan efek yang sangat cepat. Kosmetik yang terbuat merkuri bisa dengan cepat memutihkan wajah para penggunanya. Pengguna merkuri ini sendiri akan langsung mendapatkan hasil yaitu wajah yang kinclong dan juga putih. Hal itu perlu untuk dicurigai sebab jika terlalu cepat dalam mendapatkan hasil maka bisa dipastikan krim tersebut adalah krim yang mengandung bahan berbahaya merkuri di dalamnya. Aroma yang dikeluarkan dari produk merkuri ini juga cukup menyengat. Karena aroma yang dihasilkan sangat menyengat maka bisa saja krim itu adalah krim yang yang bermerkuri. Dengan hal tersebut maka pengguna bisa lebih jeli dan teliti lagi saat memilih.

Efek Samping Kosmetik Merkuri

Kosmetik yang mengandung merkuri ini memiliki banyak efek samping yang harus diwaspadai oleh pengguna. Pemakaian dalam jangka waktu yang panjang akan berakibat buruk pada kondisi tubuh mereka. Dalam jangka waktu yang singkat merkuri memang membuat wajah menjadi cepat putih dan kinclong tetapi jika terus menerus digunakan, kandungan merkuri tersebut akan meresap ke dalam tubuh dan menganggu organ-organ yang ada di dalamnya. Organ yang cukup banyak terdampak antara lain adalah ginjal, hati bahkan otak. Pada percobaan yang dilakukan oleh beberapa pihak terhadap tikus yang diberikan merkuri akan berakibat fatal. Hal itu sangat lah berpengaruh pada kesehatan di tikus itu sendiri. Efek yang bisa ditimbulkan yang paling berpengaruh adalah otak tikus yang mengalami kerusakan. Efek kerusakan ini lah yang membuat merkuri sangat berbahaya. Semakin lama digunakan akan membuat efek hasilnya juga akan makin cepat. Kerusakan organ akan jadi ancaman yang sangat serius untuk didapatkan oleh pengguna.

Similar Posts