Islam

Fadilah Surat Ar Rahman Dan Waktu Terbaik Untuk Membacanya

Fadilah surat Ar Rahman hanya akan diperoleh orang yang mencintainya. Bukti cintanya ditandai dengan sering membacanya. Bahkan, mau mempelajarinya untuk memperoleh pemahaman.

Sayangnya, masih banyak orang yang terlupa. Penyebabnya ialah disibukkan oleh dunia. Contohnya ialah rutinitas bekerja.

Sebagai salah satu pegangan hidup, luangkanlah waktu untuk membaca ayat suci Alquran. Salah satunya ialah surah Ar Rahman ini.

Tentang Surah Ar Rahman

Surat ini menerangkan tentang kekuasaan Allah. Menciptakan alam semesta dan isinya secara berpasangan. Dan, Allah terus menjaganya serta memberikan nikmat pada seluruh makhluk-Nya.

Dalam surat ini, Allah seakan mengukuhkan tentang jaminan pemberiannya. Ini diterangkan dengan penggalan ayat yang terus diulang. Yakni menanyakan tentang nikmat mana yang didustakan.

Jika dicermati, ini merupakan teguran yang mana perlu diperhatikan. Karena sebagian manusia lupa untuk mensyukurinya. Padahal, apa yang dibutuhkan telah diberikan hingga manusia mendapatkan segalanya.

Hanya kekufuran dan keinginan nafsu saja yang membuat manusia merasa dalam kekurangan. Dan, ini tentunya tidak dibenarkan.

Selagi masih di dunia, perbanyaklah untuk bersyukur. Karena syukur inilah yang membuat Allah semakin sayang, dan Allah tidak mengusir manusia dari kerajaan-Nya di akhirat. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menengok tentang fadilah surat Ar Rahman ini di situs wisata Nabawi.

Syafaat Untuk Orang Yang Tekun Membacanya

Nabi saw menganjurkan umatnya agar tidak meninggalkan surah ini. Ketika malam tiba, manusia dianjurkan untuk membacanya. Karena, surat ini akan menjadi penolong di hari Kiamat.

Ketika tiba hari yang dijanjikan, surat ini akan berubah seperti wujud manusia. Penampilannya sangat indah. Baunya juga sangat harum. Dan, surat ini akan berdiri di hadapan Allah.

Surat ini akan ditanyai perihal siapa saja yang membacanya dengan tekun di malam hari. Lantas, surat ini menjawab secara detail nama orang tersebut. Kemudian, wajahnya menjadi putih berseri.

Dengan keagungan Allah, diperintahkanlah surat ini untuk mensyafaati orang yang dimaksud. Kemudian, surat ini menolong satu per satu hingga tidak ada yang tersisa. Sembari berkata, masuklah kalian semua ke dalam surga yang dijanjikan dan tinggallah seperti yang kalian harapkan.

Fadilah Surah Ar Rahman

Berkaitan dengan fadilah, surah ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengenal Allah sebagai Dzat Pemberi yang Sempurna

Surah ini menjelaskan keagunan sifat penyayang. Kasih sayang ini diberikan pada seluruh hambaNya. Tentunya, tanpa mengenal apakah itu orang yang bersyukur atau kufur.

Kenyataannya, Allah tetap memberikan nikmat pada mereka. Dan ini dijelaskan langsung dalam surah tersebut. Bagi yang berpikir, tentu ini bisa membuat seseorang mengenal lebih jauh tentang Rabbnya.

  1. Menjauhkan Dari Sifat Kufur

Dalam surah ini, beberapa ayat diulang. Yakni memberikan gambaran tentang besarnya limpahan nikmat yang diberikan. Makanya, memahami ayat ini bisa membuat manusia tersadar tentang pemberiannya sehingga seseorang bisa menghindari kekufuran.

Ketika sifat ini hilang, manusia akan memperoleh kehidupan yang lebih tenteram. Tentunya, hidup lebih nyaman dan merasa tidak pernah kekurangan satu hal apa pun.

  1. Memperoleh Pertolongan di Hari Kiamat

Keutamaan yang paling dinanti ialah datangnya pertolongan di hari kiamat. Orang yang mencintai surah ini berhak memperoleh syafaat. Sehingga, manusia masuk ke surga dengan keredaan.

Itulah kurang lebih fadilah surat Ar Rahman yang perlu disadari. Besarnya manfaat, tentunya ini seharusnya dimaksimalkan. Yakni dengan merutinkan dalam membacanya. Khususnya di malam hari di mana pujian akan didengar oleh Allah.

Similar Posts