Uncategorized

Ketahui Segudang Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Menyusui

Sama seperti ibu hamil, ibu menyusui juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Ibu menyusui disarankan mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang-kacangan yang mudah dijumpai adalah kacang tanah. Kacang tanah bisa dimakan sendiri seperti direbus dan digoreng atau dicampur dengan sayur. Rasanya yang gurih membuat kacang tanah banyak disukai. Ternyata, dibalik rasanya yang lezat kacang tanah menyimpan banyak manfaat untuk ibu menyusui. Berikut ini beberapa manfaat kacang tanah yang harus anda ketahui, terutama jika anda sedang menyusui.

  1. Menambah Produksi Asi

Kacang tanah mampu menambah produksi asi. Asi sangat penting untuk ibu menyusui karena asi adalah makanan utama dan terbaik untuk bayi. Kekurangan asi bisa membuat ibu stress yang secara tidak langsung juga berdampak pada bayi. Agar asi tetap lancar, ibu menyusui disarankan mengkonsumsi kacang tanah.

  1. Tinggi Kalium, Serat, dan Asam Folat

Kacang tanah kaya akan kalium, serat, dan asam folat. Zat-zat tersebut sangat penting untuk membantu tumbuh kembang bayi. Kekurangan zat tersebut bisa membuat bayi menjadi malnutrisi. Selain itu, kacang tanah ternyata mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena kacan tanah mengandung protein dan ada efek kenyang setelah mengkonsumsinya. Sehingga, orang yang mengkonsumsi kacang tanah seringnya tidak makan nasi karena sudah kenyang. Hal ini mungkin bisa anda tiru terutama jika anda ada niat untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Similar Posts